• Selasa, 16 Agustus 2022

Mencegah Kekerasan Seksual di Pesantren, Ini Aturannya

- Senin, 4 Juli 2022 | 12:24 WIB
ilustrasi (dok harian merapi)
ilustrasi (dok harian merapi)

INGAT kasus Herry Wirawan? Dialah pelaku pemerkosaan 13 santriwati di Bandung. Pengadilan Tinggi Bandung memvonisnya dengan hukuman mati atas kejahatannya.

Kasus ini pun menjadi sangat fenomenal dan menjadi bahan kajian bagi pengambil kebijakan di lembaga pendidikan keagamaan.

Mengapa sampai divonis mati ? Karena tindakan Herry masuk kategori kejahatan luar biasa. Meskipun demikian, Komnas HAM tidak setuju dengan penerapan hukuman mati. Alasannya, hak hidup tidak dapat dikurangi sedikitpun dalam kondisi apapun.

Baca Juga: Perjuangan Pasien Melawan Kanker Payudara, Begini Cerita Prof Zubairi Djoerban

Kita tak hendak membahas masalah hukuman mati, melainkan dampak dari perbuatan Herry Wirawan.

Ternyata kasus kekerasan seksual di lembaga pendidikan keagamaan atau pesantren tak hanya terjadi di Bandung, tapi juga daerah lainnya. Pelakunya adalah oknum pengajar, atau orang yang diberi tanggung jawab untuk mendidik anak-anak.

Berkaitan banyaknya kasus kekerasan seksual di lembaga pendidikan keagamaan itulah Kementerian Agama (Kemenag) kini sedang menyusun Peraturan Menteri Agama (PMA) tentang Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan Seksual di Lembaga Pendidikan Keagamaan. Kini sudah pada tahap harmonisasi antarkementerian/instansi lain.

Baca Juga: Realisasi Anggaran Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional , Ini Angkanya

Sehubungan dengan itu kiranya perlu diingatkan bahwa Indonesia telah memiliki aturan tentang masalah tersebut, yakni UU tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS) yang baru disahkan April lalu. Artinya, PMA yang akan diterbitkan nanti harus sejalan atau tidak bertentangan dengan UU TPKS. Atau boleh dikatakan PMA tersebut sebagai peraturan turunan dari UU TPKS.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wanita di Lingkaran Irjen Ferdy Sambo

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:00 WIB

'Jangan Sampai Tiga Kali'

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:00 WIB

Gara-gara bakar sampah sembarangan berujung bui

Jumat, 5 Agustus 2022 | 11:00 WIB

Siapa dalang di balik terbunuhnya Brigadir J ?

Kamis, 4 Agustus 2022 | 11:23 WIB
X