• Senin, 27 Juni 2022

Faedah dan Keutamaan Muhasabah bagi Orang-orang Beriman

- Rabu, 25 Mei 2022 | 05:30 WIB
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok. Pribadi)
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok. Pribadi)

harianmerapi.com - Muhasabah berasal dari kata hasyib yahsabu hisab, yang artinya perhitungan.

Sedangkan pengertian muhasabah yakni upaya dalam melakukan introspeksi dan evaluasi terhadap diri sendiri dalam melihat aspek kebaikan dan keburukan.

Dalam Islam, muhasabah ini bertujuan untuk memperbaiki hubungan dengan Allah (habluminallah), hubungan dengan sesama manusia (habluminannas), serta hubungan dengan diri sendiri (habluminannafsi).

Baca Juga: Pemimpin yang Zalim 65: Menangis Histeris karena Dinodai Laki-laki yang Tak Dicintai

Bagi seorang muslim, muhasabah adalah hal penting dan sedapat mungkin tak boleh dilewatkan, apalagi situasi pergantian tahun dari tahun 2020 ke tahun 2021 sebagaimana sekarang ini.

Firman Allah SWT : "Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Hasyr, 59:18).

Muhasabah juga akan mengantarkan seseorang kepada gerbang pertaubatan sebagaimana Rasulullah : “Menyesal adalah taubat.” (HR.Ibnu Majah dan
Ahmad).

Terdapat beberapa faedah dari bermuhasabah beserta keutamaan yang akan didapatkan oleh orang-orang beriman yang senantiasa bermuhasabah.

Baca Juga: Cerita Lucu Ada Perempuan Tiba-tiba Masuk Rumah dan Ngamuk serta Pasang Jebakan Musang Malah Kena Ayam Sendiri

Pertama, dengan senantiasa bermusahah diri, maka setiap muslim akan bisa mengetahui akan kelemahan serta sadar akan aib dari dirinya sendiri, baik itu dalam hal amalan ibadah, maupun aktivitas lain dalam kehidupan duniawi.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Empat Kunci Masuk Surga

Senin, 20 Juni 2022 | 05:30 WIB

Keadilan Sosial, Konsep dan Nilai Positifnya

Jumat, 3 Juni 2022 | 06:08 WIB
X