• Sabtu, 25 Juni 2022

Syech Poerji: 3 Surat Alquran Cocok Dijadikan Bacaaan Kalam Ilahi Saat Syawalan

- Rabu, 18 Mei 2022 | 09:30 WIB
Syech Poerji saat menjadi pembicara Jihadi baik secara daring maupun luring.  (Foto: Sulistyanto)
Syech Poerji saat menjadi pembicara Jihadi baik secara daring maupun luring. (Foto: Sulistyanto)

SLEMAN, harianmerapi.com – Acara halal bi halal atau Syawalan banyak digelar di berbagai tempat dan biasa diawali dengan Kalam Ilahi atau pembacaan ayat-ayat suci Alquran.

Menurut Ustadz Drs H Purwono MA yang akrab disapa Syech Poerji, dalam Alquran ada tiga surat sangat cocok dibaca petugas Kalam Ilahi, yaitu QS Ali Imran ayat 133-136, QS An Nisa ayat 36 dan QS Al Hujurat ayat 10-18.

“Dalam suasana Idul Fitri maupun Bulan Syawal seperti sekarang, tak sedikit warga yang mudik dan mengikuti acara-acara Syawalan. Rangkaian acara Syawalan biasa ada Kalam Ilahi, lalu surat dalam Alquran yang dipilih, seperti soal silaturahmi, saling memaafkan sampai seputar berbuat baik kepada sesama,” paparnya saat memberi pengajian Kajian Ahad Pagi (Jihadi) Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Godean Sleman, Minggu (15/5/2022).

Baca Juga: BNPT Tawarkan Tiga Cara Atasi Kejahatan Transnasional di Sidang CCPCJ Wina Austria, Apa Saja?

Syech Poerji yang juga Bendahara Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dalam kesempatan tersebut memberikan pengajian dengan mengusung tema, Spirit Idul Fitri untuk Menguatkan Sinergi, Mengukir Prestasi.

“Adapun untuk bisa untuk mengukir prestasi, antara lain kita harus bisa saling bersinergi ataupun merapatkan barisan dalam amar makruf nahi mungkar,” tandasnya.

Tentang berbuat amar makruf nahi mungkar, Allah SWT berfirman dalam QS Ali Imron ayat 104 dengan arti sebagai berikut: “Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

Baca Juga: Sewu Dino Bagian 19: Mbah Tamin Pergi, Ini Kesempatan Sri, Tapi...

Sementara itu Ketua PCM Godean, Drs H Robingun mengungkapkan, Jihadi dilaksanakan setiap Ahad, baik secara daring maupun luring. Pelaksanaan secara luring di Masjid Al Huda Pandean, khusus Ahad Legi sebisa mungkin menghadirkan lebih banyak peserta kajian.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengaruh Budaya Suap pada Aqidah Muslim

Rabu, 22 Juni 2022 | 06:50 WIB

Hukum Suap dalam Islam

Selasa, 21 Juni 2022 | 08:30 WIB

Dosa-Dosa Besar, Antara Lain Syirik dan Menyihir

Minggu, 19 Juni 2022 | 09:45 WIB

Hukum Memelihara Burung dan Ikan Sebagai Hiasan

Jumat, 17 Juni 2022 | 07:15 WIB
X