• Rabu, 29 Juni 2022

Lima Ujian Hidup bagi Seorang Muslim, Salah Satunya Syaitan yang Selalu Berusaha Menyesatkan

- Selasa, 10 Mei 2022 | 05:30 WIB
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok Pribadi)
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. (Dok Pribadi)

harianmerapi.com - Sebagai ‘abdi Allah (hamba Allah) yang selalu mendapatkan ujian dari-Nya, manusia harus pandai menempatkan dirinya sebagai pengabdi dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan.

Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala : “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan : “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka , maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang berdusta”. (QS. Al-Ankabut, 29 : 2-3).

Rasulullah Muhammad Shallallahu’alaihi Wa Sallam bersabda : “Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Setiap mukmin dihadapkan pada lima ujian; mukmin yang mendengkinya, munafik yang membencinya, kafir yang memeranginya, nafsu yang menentangnya, dan syaitan yang selalu menyesatkannya.” (HR Ad-Dailami).

Baca Juga: Pemimpin yang Zalim 50: Terjadi Kehebohan Baru, Ditemukan Mayat Perempuan di Pekarangan Pak Kades

Berdasarkan hadits Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wa Sallam di atas, setidaknya ada lima ujian yang dihadapi seorang mukmin di dalam kehidupannya; yaitu :

Pertama, mukmin yang mendengkinya. Sudah menjadi rahasia umum setiap orang yang mendapatkan kenikmatan, pasti akan ada orang lain yang tidak menyukai (mendengkinya).

Dari sini timbullah sikap hasad yang diakibatkan oleh rasa permusuhan dan kebencian yang mengharapkan agar kenikmatan musuh menjadi hilang dan berpindah ke pihaknya.

Hasad juga merupakan salah satu penyakit tertua dalam sejarah kehidupan dan peradaban manusia. Karena faktor hasad pula Qabil tega membunuh saudaranya yang bernama Habil.

Karena itu, wajar jika dalam banyak Hadits dijelaskan tentang bahaya penyakit hasad ini.

Dalam sebuah Hadits yang cukup populer disebutkan; “Dari Abu Hurairah bahwa Nabi saw. bersabda:

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Empat Kunci Masuk Surga

Senin, 20 Juni 2022 | 05:30 WIB

Keadilan Sosial, Konsep dan Nilai Positifnya

Jumat, 3 Juni 2022 | 06:08 WIB
X