• Rabu, 29 Juni 2022

Ustadzah Hj Sri Sumiyarsih: 4 Bekal Perlu Dipersiapkan untuk Menyambut Bulan Ramadhan

- Minggu, 20 Maret 2022 | 10:35 WIB
Tangkapan layar Ustadzah Hj Sri Sumiyarsih SPdI saat menjadi pembicara dalam Jihadi.  (Foto: Sulistyanto)
Tangkapan layar Ustadzah Hj Sri Sumiyarsih SPdI saat menjadi pembicara dalam Jihadi. (Foto: Sulistyanto)

 


SLEMAN, harianmerapi.com – Tak terasa, tinggal menghitung beberapa hari lagi akan memasuki Bulan Ramadhan 1443 H. Ada empat hal penting untuk dapat dijadikan bekal dalam mempersiapkan bertemunya Bulan Ramadhan.

Ustadzah Hj Sri Sumiyarsih SPdI (dari Majelis Tabligh Pimpinan Daerah Aisyiyah Sleman) menjelaskan secara rinci keempat bekal untuk menyambut Bulan Ramadhan dalam Kajian Ahad Pagi (Jihadi) secara luring maupun daring, Minggu (20/3/2022).

Sebagai bekal atau persiapan pertama, yaitu ruhiyah (keimanan). Persiapan ini misalnya berupa pengendalian diri, menjaga hati agar ikhlas dan bersih dari penyakit hati seperti iri, dengki, ria serta dendam dan juga permusuhan. Bahkan bisa melakukan silaturahmi, baik secara langsung ataupun dengan alat komunikasi.

Baca Juga: 4 Daftar Puasa Sunah, dari Puasa Harian hingga Tahunan

“Persiapan atau bekal kedua, yaitu fikriyah atau keilmuan. Misalnya, memahami tata cara ibadah yang benar, maka akan membawa kita untuk meraih pahala,” tuturnya.

Ada pula contoh, jika tahu ilmunya, mengakhirkan waktu sahur, lalu shalat sunnat sebelum ke masjid, akan bisa mendapat banyak pahala pula.

Tak kalah penting, lanjut Ustadzah Hj Sri, yaitu bekal atau persiapan jasadiyah (fisik). Persiapan jasadiyah/ fisik ini seperti berusaha menjaga kesehatan dengan baik, misalnya berolah raga teratur, konsumsi asupan-asupan bergizi serta istirahat cukup.

Baca Juga: Jelang Ramadhan, Polda DIY Gelar Pengajian dan Silaturahmi dengan Ormas FJI: Bagikan Ratusan Paket Sembako

Apalagi Ramadhan merupakan bulan yang ketika kita banyak melakukan kebaikan, maka akan mendapatkan pahala yang berlipat. Sangat disayangkan apabila kita tidak bisa memanfaatkan Bulan Ramadhan sebaik mungkin karena kondisi fisik kita.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bentuk Fisik Rasulullah, Ini Menurut Para Ulama

Minggu, 26 Juni 2022 | 07:00 WIB

Pengaruh Budaya Suap pada Aqidah Muslim

Rabu, 22 Juni 2022 | 06:50 WIB

Hukum Suap dalam Islam

Selasa, 21 Juni 2022 | 08:30 WIB

Dosa-Dosa Besar, Antara Lain Syirik dan Menyihir

Minggu, 19 Juni 2022 | 09:45 WIB

Hukum Memelihara Burung dan Ikan Sebagai Hiasan

Jumat, 17 Juni 2022 | 07:15 WIB
X