• Minggu, 23 Januari 2022

Lima Aspek dalam Upaya Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak

- Senin, 29 November 2021 | 05:00 WIB
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si. (Dok Pribadi)
Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si. (Dok Pribadi)

harianmerapi.com - Kecerdasan emosional diperkenalkan pertama kali oleh Peter Salovey dari Harvard University dan John Mayer dari University of New Hampshire.

Istilah ini kemudian menjadi sangat terkenal di seluruh dunia semenjak seorang psikologi New York bernama Daniel Goleman menerbitkan bukunya yang berjudul Emotional Intelegence: Why It Can Matter More Than IQ pada tahun 1995.

Kecerdasan emosional merupakan suatu kemampuan memahami perasaan yang muncul dalam diri, kemudian mengatur perasaan atau emosi tersebut menjadi sebuah tindakan untuk mengambil keputusan yang tepat dalam hidup.

Baca Juga: Rumahku Bukan Surgaku 23: Kemarahan Suami Mendengar Pengakuan Istri Telah Hamil Duluan

Kecerdasan emosi dapat menempatkan emosi seseorang pada porsi yang tepat, memilah kepuasan dan mengatur suasana hati. Koordinasi suasa hati inilah inti dari hubungan sosial yang baik pada seorang anak dalam situasi belajarnya.

Berikut merupakan aspek-aspek kecerdasan emosional anak yang harus dikembangkan secara maksimal.

Pertama, kemampuan mengenal emosi diri. Kemampuan mengenali diri sendiri merupakan kemampuan dasar dari kecerdasan emosional.
Kemampuan ini mempunyai peran untuk memantau perasaan dari waktu ke waktu. Juga berfungsi untuk mencermati perasaan-perasaan yang muncul.

Baca Juga: Horor Meja 103 Laborat Komputer, Ada Mahasiswa Meninggal Tak Wajar

Adanya komponen ini, mengindikasikan anak berada dalam kekuasaan emosi manakala ia tidak memiliki kemampuan untuk memiliki perasaan yang sesungguhnya.

Seorang anak wajib tetap membina kestabilan emosinya menuju perkembangannya lebih lanjut sejalan dengan pertambahan umurnya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Remaja Belajar dari Lingkungan Sosialnya

Senin, 10 Januari 2022 | 05:00 WIB

Doa Saat Susah Tidur, Penting Diketahui untuk Insomnia

Selasa, 21 Desember 2021 | 00:38 WIB

Lima Rahasia Keberhasilan Dakwah Nabi Muhammad SAW

Rabu, 8 Desember 2021 | 05:00 WIB
X