• Senin, 27 Juni 2022

Dibongkar Polres Bantul: Komplotan Pengutil Diotaki Emak-emak, Keliling Jawa Cari Sasaran Swalayan

- Jumat, 20 Mei 2022 | 21:16 WIB
Para pelaku komplotan pengutil saat diamankan aparat Polres Bantul. (Foto: Yusron Mustaqim)
Para pelaku komplotan pengutil saat diamankan aparat Polres Bantul. (Foto: Yusron Mustaqim)


BANTUL,harianmerapi.com-Kepolisian Resor (Polres) Bantul berhasil mengungkap komplotan Pengutil spesialis swalayan lintas provinsi. Dari pengungkapan kasus tersebut setidaknya ditangkap 9 pelaku terdiri 6 laki-laki dan 3 perempuan ditangkap.

Salah satunya seorang ibu rumah tangga (IRT) sebagai otak kejahatan.
Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Archye Nevadha kepada wartawan, Jumat (20/5/2022) menjelaskan, penangkapan sindikat ini bermula saat petugas counter di salah satu toko Swalayan Kalurahan Ngestiharjo, Kapanewon Kasihan, Bantul mendapati kejanggalan saat menghitung ketersediaan barang Sabtu (14/5/2022).

Saat itu diketahui jika banyak barang yang hilang. Setelah melakukan pengecekan rekaman CCTV, ternyata diketahui ada 7 orang yang kedapatan mengutil beberapa barang di swalayan tersebut.

Baca Juga: Tembus 7.000.000 Penonton, KKN di Desa Penari Jadi Film Indonesia Terlaris Sepanjang MasaBaca Juga: Tembus 7.000.000 Penonton, KKN di Desa Penari Jadi Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa

"Awalnya satpam mengecek ketersediaan barang di Swalayan karena ada kejanggalan. Saat dicek CCTV diduga pelaku melakukan curat lantas dilaporka ke polisi dan diamankan para pelaku," ujar Archye Nevadha SIK MH dalam konferensi pers kepada wartawan, Jumat (20/5/2022).

Dia menambahkan, sembilan orang itu di antaranya berinisial DH (46), VK (33), YY (42), YF (48), IW (46), AF (46), EA (26), RF (30), dan MF (53).

Sebagian besar dari mereka warga Jakarta kecuali YF yang merupakan warga Semarang, Jawa Tengah.

Dalam aksinya, mereka berbagi tugas dan memindahkan barang curian non makanan minuman dari keranjang belanja ke dalam tas selempang lalu keluar dari Swalayan.

"Setelah cek CCTV, hasilnya ada beberapa pelaku yang melakukan pencurian dengan pemberatan. Selanjutnya pihak swalayan lapor dan langsung kami tindak lanjuti," katanya.

Baca Juga: Prof. Ova Emilia Terpilih sebagai Rektor UGM Periode 2022-2027

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X