• Sabtu, 28 Mei 2022

BNN DIY: Peredaran Narkoba Sampai Pelosok Desa, Semua Harus Waspada

- Jumat, 12 November 2021 | 17:34 WIB
Acara Pencanangan Kalurahan Bersinar dan Kampung Tangguh Narkoba di Kalurahan Pendoworejo.  (Foto: Amin Kuntari)
Acara Pencanangan Kalurahan Bersinar dan Kampung Tangguh Narkoba di Kalurahan Pendoworejo. (Foto: Amin Kuntari)

KULON PROGO, harianmerapi.com - Pemkab Kulon Progo menggandeng Kepala BNN DIY melakukan pencegahan peredaran narkoba mulai dari lingkungan kelurahan. Sebab kini, peredaran narkoba sudah menjalar di kampung-kampung.

Kepala BNN DIY, Brigjend Pol Andi Fairan dalam acara Pencanangan Kalurahan Bersinar dan Kampung Tangguh Narkoba di Kalurahan Pendoworejo, Girimulyo, Jumat (12/11/2021) menyampaikan salah satu ancaman terbesar dalam pembangunan Indonesia adalah penyalahgunaan dan pengedaran gelap narkoba yang menyasar ke seluruh lapisan masyarakat. Apalagi, peredaran gelap narkoba saat ini tidak hanya terjadi di perkotaan, tapi sudah menyebar ke pelosok desa.

"Baik masyarakat maupun pemerintah desa tidak luput dari permasalahan narkoba," ucapnya.
Sementara itu, Kapolres Kulon Progo, AKBP Muharomah Fajarini menyampaikan, narkoba merupakan ancaman bagi bangsa. Bonus demografi pada tahun 2030 akan dipenuhi usia-usia produktif, sehingga harus dipersiapkan dari sekarang untuk meningkatkan kualitas generasi bangsa. "Salah satunya dengan mewujudkan generasi anti narkoba," ucapnya.

Baca Juga: Antisipasi Peredaran Narkoba, Pemkab Kulon Progo Lakukan Pencegahan Mulai dari Lingkup Kelurahan

Diberitakan sebelumnya, Bupati Kulon Progo, Sutedjo menyampaikan, pencegahan peredaran narkoba telah dilakukan melalui deklarasi pencanangan desa/ kalurahan bersih narkoba dan kampung tangguh narkoba.

Kegiatan bertajuk Pencanangan Kalurahan Bersinar dan Kampung Tangguh Narkoba ini merupakan hasil kerjasama Pemkab Kulon Progo dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) DIY dan stakeholder terkait di Kalurahan Pendoworejo, Girimulyo.

"Kami menyampaikan terimakasih atas peran serta semua pihak dalam deklarasi desa/ kalurahan bersih narkoba dan kampung tangguh narkoba," katanya, Jumat (12/11/2021).

Sutedjo berharap, deklarasi tersebut dapat membawa manfaat dalam upaya menekan angka peredaran narkoba di Kulon Progo. Pencanangan Kalurahan Bersinar dan Kampung Tangguh Narkoba merupakan salah satu upaya Pemkab untuk memerangi narkoba. Sebab, upaya pemberantasan narkoba bisa dimulai dari lingkungan terkecil yakni di kampung atau kalurahan.*

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X