• Sabtu, 4 Desember 2021

Penipu Ulung Kelabui Korban Pakai Bukti Transfer Palsu: Dulu Gelapkan Mobil, Kini Gondhol Kayu Sonokeling

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 23:29 WIB
 Tersangka dan barang bukti saat diamankan di Polres Sleman  (Foto : Humas Polres Sleman )
Tersangka dan barang bukti saat diamankan di Polres Sleman (Foto : Humas Polres Sleman )

SLEMAN,harianmerapi.com- Penipu ulung, TH (39) warga Magetan Jawa Timur sukses menipu rekan bisnisnya warga Sleman dengan modus jual beli kayu Sonokeling. Ternyata, pelaku memalsukan bukti transfer untuk mengelabui korban.

Kanit V Satreskrim Polres Sleman Iptu Apfryyadi Pratama, Kamis (7/10/2021 menjelaskan, tersangka memiliki strategi yang jitu. Untuk meyakinkan korban, tersangka juga mengirimkan sejumlah bukti transfer dari bank.

"Terungkap ternyata struk transfer itu palsu," ucapnya. Dijelaskan, pelaku dibekuk saat hendak keluar sari penjara akibat penipuan mobil.

Baca Juga: Terjerat Utang Ratusan Juta Rupiah, Janda di Kulon Progo Tipu 8 Bidan

"Tersangka ditangkap di rutan. Kasus sebelumnya penggelapan mobil. Kami tangkap saat akan bebas, koordinasi dengan petugas rutan kemudian kami tangkap saat akan bebas," jelasnya.

Apfryyadi masih terus mengembangkan kasus penipuan ini. Terutama untuk membongkar aksi lainnya. Terbukti aksi serupa juga ditemukan di wilayah hukum Polres Kulonprogo, modus yang digunakan juga sama.

Atas perbuatanya TH dijerat Pasal 378 KUHP tentang penipuan dan Pasal 45 A Ayat (1) junto Pasal 28 Ayat (1) Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI BNomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Baca Juga: Anak Penyanyi Kondang Tipu 225 Orang, Raup Rp 9,7 Miliar

Diketahui sebelumnya, petugas Satreskrim Polres Sleman, berhasil meringkus TH (39) warga Magetan Jawa Timur. TH telah melakukan penipuan penjualan kayu Sonokeling hanya dengan modal handhpone. Pelaku meraup Rp 53 juta dari hasil aksinya ini. *

 

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X