• Jumat, 21 Januari 2022

Berawal Kenalan di Medsos, Lanjut ke Hotel, Ternyata Penipu

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 23:04 WIB
Ilustrasi (Dok Merapi)
Ilustrasi (Dok Merapi)

 LAGI-LAGI ini soal penipuan yang berawal dari medsos. Singkat cerita, Ny War (48) warga Tamantirto Kasihan Bantul berkenalan dengan Giman (41) warga Kapanewon Bantul. Entah bagaimana mulanya, mereka kemudian janjian kencan di sebuah hotel di kawasan Purwosari Gunungkidul.

Setelah masuk masuk kamar penginapan, Giman berpura-pura hendak beli charger HP dan meminjam motor korban berikut surat-suratnya.

Ny War sama sekali tidak curiga karena Giman berpenampilan sopan dan halus dalam bertutur kata. Tak tahunya, ia adalah penipu. Lama ditunggu tak datang, Ny War pun melapor ke polisi. Berbekal rekaman CCTV serta HP korban yang dibawa kabur, keberadaan Giman pun terlacak dan langsung ditangkap di tempat persembunyiannya di Padukuhan Bebekan Pandak Bantul.

Baca Juga: Siswa SMA Meninggal Usai Divaksin Covid-19, Masih Diinvestigasi Dinkes Jember

Peristiwa yang terjadi baru-baru ini makin melengkapi kasus penipuan yang memanfaatkan media sosial. Hanya berkenalan lewat medsos, pelaku bisa membujuk korbannya untuk ketemu darat, bahkan ngamar.

Entahlah, apakah keduanya sudah berbuat sesuatu di dalam kamar, kiranya tidak cukup relevan, karena yang dipersoalkan adalah tindakan pelaku yang membawa kabur motor korban serta surat-surat penting dan HP.

Kekuatan medsos memang tidak diragukan lagi. Fasilitas teknologi komunikasi ini bisa dimanfaatkan apa saja, baik yang bersifat positif maupun negatif.

Baca Juga: Satgas: Semua Obat Antivirus Covid-19 Harus Melalui Uji Klinis

Dalam kasus di atas, medsos dimanfaatkan Giman untuk memperdaya Ny War yang boleh jadi, belum begitu paham soal modus-modus penipuan melalui dunia maya. Sehingga, ia percaya begitu saja dengan omongan pelaku dan celakanya menuruti ketika diajak ketemu darat dan ngamar.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tak Gampang Selamatkan Teman Tenggelam

Rabu, 19 Januari 2022 | 09:30 WIB

Ritual Menyesatkan Sang Dukun Cabul

Senin, 17 Januari 2022 | 10:30 WIB

Anugerah dan Bencana Kala Omicron Mendunia

Sabtu, 15 Januari 2022 | 11:30 WIB

Waspada, Predator Seksual Berwajah Dukun Cabul

Jumat, 14 Januari 2022 | 11:00 WIB

Memberantas Praktik Joki Vaksin, Perketat Skrining

Selasa, 11 Januari 2022 | 11:30 WIB
X