• Selasa, 30 November 2021

Cikal Bakal TNI Datangi Markas Denpom, Bangga TNI Makin Hebat

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 22:26 WIB
Sanjoto memberikan tart ulang tahun TNI kepada Dandenpom IV/5 Semarang. (Foto: Haidar AF)
Sanjoto memberikan tart ulang tahun TNI kepada Dandenpom IV/5 Semarang. (Foto: Haidar AF)

SEMARANG, harianmerapi.com - Veteran Pejuang Cikal Bakal TNI di Semarang, Selasa (5/10/2021) mendatangi Markas Denpom IV/5 Semarang.

Kapten CPM Purn Sanjoto (92), purnawirawan tersebut sengaja menemui Dandenpom IV/5 Semarang Letkol CPM Okto Femula SH MH MHan untuk sampaikan selamat dalam Peringatan HUT Ke-76 TNI.

Sanjoto tiba di markas Denpom IV/5 Semarang bersama anggota veteran dan Pemuda Panca Marga.

"Kesempatan ini saya gunakan untuk bersilaturahmi, mumpung saya masih sehat. Selain mengucapkan selamat ulang tahun, saya sebagai orang yang pertama bergabung dalam Badan Keamanan Rakyat (BKR) juga menitipkan pesan agar prajurit TNI tidak melupakan Sumpah Prajurit, Sapta Marga dan Doktrin TNI," ungkap Kapten CPM Purn Sanjoto.

Baca Juga: HUT ke-76 TNI, Aparat Dinilai Berhasil Bantu Penanganan Covid-19 di Kulon Progo

"TNI lahir dari rahim rakyat harus melindungi rakyat dan memperkokoh pertahanan negara dengan menjaga tegaknya kedaulatan negara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Kemanunggalan TNI-Rakyat akan memperkokoh pertahanan negara," lanjutnya.

"Ingat-ingat selalu amanat Panglima Besar Jenderal Soedirman kita. Prajurit kita bukan prajurit sewaan, bukan prajurit yang mudah dibelokkan haluannya. Kita masuk dalam tentara karena keinsyafan jiwa dan sedia berkorban bagi bangsa dan negara," tambah Sanjoto, pejuang kemerdekaan yang ikut gerilya mengamankan rute gerilya Panglima Besar Jenderal Soedirman dari Wonogiri hingga menuju Jogjakarta tahun 1948.

Sanjoto adalah mantan prajurit yang dibesarkan di Corps Polisi Militer.

Dia merasa sangat beruntung bisa hidup hingga usia 92 tahun dan berkesempatan melihat TNI seperti sekarang ini.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X