• Jumat, 19 Agustus 2022

Sejumlah SD dan SMP di Gunungkidul Kekurangan Calon Siswa Baru dalam PPDB

- Selasa, 28 Juni 2022 | 17:50 WIB
Logo Kabupaten Gunungkidul (Pemkab Gunungkidul)
Logo Kabupaten Gunungkidul (Pemkab Gunungkidul)

GUNUNGKIDUL, harianmerapi.com - Sejumlah Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Gunungkidul kekurangan calon siswa baru saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Setelah PPDB untuk SD dan SMP berakhir ternyata di beberapa sekolah di Gunungkidul kuotanya tidak terisi karena pendaftar lebih sedikit dibanding daya tampung.

Sekretaris Dinas Pendidikan Gunungkidul, Winarno mengatakan terdapat 102 SMP negeri dan swasta di Gunungkidul dan dari jumlah tersebut 75 di antaranya kekurangan pendaftar pada PPDB tahun ini.

Baca Juga: Kulon Progo Canangkan Vaksinasi PMK Terhadap Hewan Ternak

"Sebagai contohnya salah satunya SMP di wilayah Playen maupun Karangmojo dari kuota 64 siswa hanya terdapat kurang dari lima pendaftar,” katanya, Selasa (28/6/2022).

Sementara pada PPDB tingkat SD yang terdapat sebanyak 452 SD di Gunungkidul, dari jumlah tersebut sebanyak 328 sekolah mengalami kekurangan murid, pendaftarnya kurang 20 anak.

Lulusan TK sendiri hanya ada sekitar 7.210 siswa sedangkan kuota SD lebih dari 10 ribu kursi.

Saat ini terdapat 2 sekolah swasta yang memang sudah tidak menerima siswa baru karena dari pihak yayasan menutup sekolah tersebut.

Baca Juga: Kalurahan Panggungharjo Bantul Kelola Sampah Mandiri Hingga Hasilkan Keuntungan

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X