BPOM terbitkan izin darurat vaksin Covovax untuk booster usia 18 tahun ke atas, ini aturannya

- Selasa, 13 September 2022 | 12:00 WIB
BPOM izinkan penggunaan darurat 5 jenis vaksin untuk booster.  (Dok Humas Setkab)
BPOM izinkan penggunaan darurat 5 jenis vaksin untuk booster. (Dok Humas Setkab)


HARIAN MERAPI - Vaksin Covd-19 Covovax untuk booster usia 18 tahun ke atas kini boleh digunakan menyusul terbitnya persetujuan penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.


Persetujuan perluasan Izin Penggunaan Darurat (EUA) Vaksin Covid-19 Covovax ini untuk penambahan posologi dosis booster homolog bagi sasaran vaksinasi kelompok dewasa usia 18 tahun atau lebih.


Demikian dijelaskan Kepala BPOM RI Penny K. Lukito di Jakarta, Selasa.

Baca Juga: Aktor Michael Keaton menangi Emmy Awards 2022, ini daftar lengkap pemenangnya


"Dalam penggunaannya sebagai booster homolog, Vaksin Covovax diberikan dalam satu dosis (0,5 ml), sekurang-kurangnya enam bulan setelah dosis kedua vaksinasi primer dengan Vaksin Covovax,” katanya.

Vaksin Covovax merupakan vaksin Covid-19 dengan platform protein subunit glikoprotein spike menggunakan adjuvant Matrix-M1 yang dikembangkan Novavax Inc, USA.

Vaksin tersebut diproduksi oleh Serum Institute of India Pvt. Ltd, India dan didaftarkan di Indonesia oleh PT Indofarma.

 Baca Juga: KA Kahuripan tertabrak truk lantaran petugas perlintasan lalai menutup pintu, ini akibatnya

Vaksin Covovax merupakan satu dari 13 vaksin Covid-19 yang telah mendapatkan EUA di Indonesia pada 31 Oktober 2021, dengan indikasi untuk vaksinasi primer pada usia 18 tahun atau lebih.

Setelah itu, BPOM mengeluarkan persetujuan perluasan EUA vaksin Covovax untuk penambahan indikasi vaksinasi primer pada anak usia 12 tahun atau lebih pada tanggal 28 Juni 2022.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X