• Sabtu, 10 Desember 2022

Naik tahta setelah penantian 70 tahun, ini agenda pertama Pangeran Charles yang bergelar Raja Charles III

- Jumat, 9 September 2022 | 03:02 WIB
Pangeran Charles menjadi Raja Inggris dengan gelar Raja Charles III menggantikan Ratu Elizabeth II yang wafat. (Foto: Twitter @colinbrazierGBN)
Pangeran Charles menjadi Raja Inggris dengan gelar Raja Charles III menggantikan Ratu Elizabeth II yang wafat. (Foto: Twitter @colinbrazierGBN)

HARIAN MERAPI - Meninggalnya Ratu Elizabeth II setelah 70 tahun menduduki tahta Kerajaan Inggris otomatis membuat Pangeran Charles naik tahta.

Pangeran Charles menggantikan Ratu Elizabeth II menjadi raja dengan nama gelar Raja Charles III.

Raja Charles III langsung melakukan agenda pertamanya setelah menggantikan Ratu Elizabeth II yang wafat pada Kamis 8 September 2022 sore waktu Inggris.

Baca Juga: Ratu Inggris Queen Elizabeth II wafat, ini pernyataan resmi pertama Pangeran Charles sebagai raja

Dilansir Daily Mail, pada hari kematian sang ratu, hal pertama yang dilakukan Charles sebagai raja adalah mengadakan audiensi dengan perdana menteri tentang masa berkabung setelah meninggalnya sang ratu.

Kemudian pada Kamis 8 September pukul 18.00 waktu setempat, Raja Charles III menyampaikan pernyataan resmi untuk memberikan penghormatan pada sang ibu.

Keesokan harinya, Jumat 9 September pukul 10.00 waktu setempat direncanakan akan diadakan pertemuan di Istana St James yang dihadiri anggota Accession Council, para menteri senior, pegawai kerajaan, dan pemimpin negara-negara persemakmuran untuk menetapkan Raja Charles sebagai pemimpin yang baru.

Semua orang yang hadir dalam pertemuan di Istana St James tersebut diharuskan memakai pakaian berkabung tanpa aksesoris.

Pemberitahuan resmi tentang penetapan Raja Charles III akan dibacakan di Istana St James dan juga di The Royal Exchange di London.

Halaman:

Editor: Jarot Sarwosambodo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apa itu KTT G20 yang akan berlangsung di Bali?

Rabu, 9 November 2022 | 10:30 WIB

Elon Musk bantah pecat karyawan Twitter

Senin, 31 Oktober 2022 | 12:50 WIB
X