• Sabtu, 10 Desember 2022

Presiden Jokowi Lantik 754 Perwira Remaja TNI dan Polri di Istana Merdeka Jakarta

- Kamis, 14 Juli 2022 | 10:45 WIB
Tangkap layar Presiden Joko Widodo menyematkan pangkat kepada perwakilan Prasetya Perwira (Praspa) Tentara Nasional Indonesia-Polri tahun 2022 di halaman Istana Merdeka Jakarta, Kamis (14/7/2022).  (ANTARA/Desca Lidya Natalia)
Tangkap layar Presiden Joko Widodo menyematkan pangkat kepada perwakilan Prasetya Perwira (Praspa) Tentara Nasional Indonesia-Polri tahun 2022 di halaman Istana Merdeka Jakarta, Kamis (14/7/2022). (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

JAKARTA, harianmerapi.com - Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara dalam Prasetya Perwira (Praspa) Tentara Nasional Indonesia-Polri tahun 2022 sekaligus melantik 754 perwira remaja dari matra TNI dan Kepolisian.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945," kata Presiden Joko Widodo mendiktekan sumpah perwira TNI dan Polri di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (14/7/2022).

Baca Juga: Surat Pengunduran Diri Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Sudah Diterima Presiden Jokowi, Ini Langkah Selanjutnya

Para perwira yang dilantik oleh Presiden Jokowi itu terdiri atas lulusan Akademi Militer sebanyak 292 orang, lulusan Akademi Angkatan Laut sebanyak 107 orang, lulusan Akademi Angkatan Udara sebanyak 109 orang, dan lulusan Akademi Kepolisian sebanyak 246 orang.

Pelantikan tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 44/TNI Tahun 2022 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 46/Polri Tahun 2022.

"Khusus TNI, bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi Sumpah Prajurit dan Sapta Marga. Khusus Polri, bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi Tri Brata dan Catur Prasetya," ungkap Presiden masih mendiktekan sumpah perwira.

Baca Juga: Ahyudin bantah ada penyelewengan dana di ACT, ini bukti yang ia ajukan

"Bahwa saya akan memimpin anak buah dengan memberi suri teladan membangun karsa serta menuntun pada jalan yang lurus dan benar. Bahwa saya akan rela berkorban jiwa raga untuk membela nusa dan bangsa," tambah Presiden.

Dalam acara tersebut, Sekretaris Militer Presiden Marsda Tonny Harjono turut membacakan peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) dari masing-masing akademi, yakni Letnan Dua Rafi Naufal Arfiansyah (dari Akmil), Letnan Dua Pelaut Elang Triasti Fitrananda (dari AAL), Letnan Dua Penerbang Jeremia Zopi Pramudya (dari AAU) dan Inspektur Polisi Dua Adira Rizki Nugroho (dari Akpol).

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X