• Sabtu, 10 Desember 2022

Selesai Idul Adha, Peternak Tingkatkan Populasi Hewan Ternak

- Rabu, 13 Juli 2022 | 18:40 WIB
Ternak sapi di kandang kelompok wilayah Kabupaten Bantul, DIY.  (ANTARA/Hery Sidik)
Ternak sapi di kandang kelompok wilayah Kabupaten Bantul, DIY. (ANTARA/Hery Sidik)

SUKOHARJO, harianmerapi.com - Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo melakukan pendampingan peternak setelah Idul Adha selesai terkait peningkatan populasi hewan ternak di tengah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Para peternak diminta tidak mendatangkan hewan ternak dari luar daerah. Peningkatan populasi dilakukan dengan mengandalkan hewan ternak lokal.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Bagas Windaryatno, Rabu (13/7/2022) mengatakan, para peternak usai Idul Adha dipastikan sedang berusaha meningkatkan populasi hewan ternaknya.

Baca Juga: Keris Sabuk Inten Lambang Kejayaan, Begini Penjelasan Mpu Keturunan Majapahit

Para peternak berusaha mengembalikan usaha ternaknya dengan meningkatkan populasi hewan ternak dengan beragam cara.

Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo meminta pada peternak meningkatkan populasi dengan mengandalkan hewan ternak yang dimiliki sekarang.

"Pengembangbiakan untuk meningkatkan populasi hewan ternak bisa dilakukan peternak dengan hewan ternak lokal lebih aman dibanding mendatangkan hewan ternak dari luar daerah ditengah wabah PMK," ujarnya.

Para peternak akan mendapat pendampingan dari Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo dalam meningkatkan populasi hewan ternak. Petugas mendampingi secara penuh dengan tujuan menambah kembali populasi hewan ternak setelah sebelumnya banyak yang disembelih saat Idul Adha.

Baca Juga: Awas Predator Seksual Lancarkan Child Grooming, Ini Ciri-cirinya

Peningkatan populasi hewan ternak dilakukan untuk menjamin kebutuhan daerah. Disamping itu membantu pemenuhan tingkat nasional. Hal ini penting mengingat Kabupaten Sukoharjo mampu swasembada daging sapi. Disisi lain, populasi hewan ternak juga melimpah.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X