• Kamis, 18 Agustus 2022

Presiden Jokowi Siapkan Kurban Sapi 1,4 Ton di Kabupaten Kaur Bengkulu

- Rabu, 22 Juni 2022 | 06:20 WIB
Hewan sapi di Kota Bengkulu.  (ANTARA/Anggi Mayasari)
Hewan sapi di Kota Bengkulu. (ANTARA/Anggi Mayasari)

KOTA BENGKULU, harianmerapi.com - Presiden RI Joko Widodo telah menyiapkan hewan kurban jenis sapi untuk merayakan Idul Adha 2022 dengan berat 1,4 ton yang akan disembelih di Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu.

Plh Asisten I dan Karo Pemkesra Setda Provinsi Bengkulu, Syarifudin di Bengkulu, Selasa (21/6/2022), mengatakan bahwa penyembelihan sapi kurban milik Joko Widodo tersebut akan dilaksanakan di salah satu masjid di Kabupaten Kaur.

Menurut Syarifudin, sapi itu dipastikan bebas dari penyakit Mulut dan Kuku (PMK) setelah dilakukan pemeriksaan dan verifikasi kesehatan oleh Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu.

Baca Juga: KAI Blacklist Pelaku Pelecehan Seksual, Dilarang Naik Kereta Seumur Hidup

Sedangkan untuk sapi kurban milik Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, hingga saat ini belum dipastikan berat dan jumlahnya.

Namun dipastikan satu ekor sapi akan disembelih di Rutan Kelas II B Bengkulu dan di Masjid Raya Baitul Izzah.

Diketahui, kasus PMK di Provinsi Bengkulu telah masuk di empat wilayah di Bengkulu dan hingga saat ini telah ratusan hewan jenis sapi terinfeksi.

Baca Juga: Harga Cabai Tinggi, Petani Berseri-seri

Keempat wilayah tersebut yaitu Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Bengkulu dan terakhir Kabupaten Seluma.

Untuk di Kabupaten Seluma tepatnya di Kecamatan Air Periukan berdasarkan sampel yang dikirimkan ke laboratorium Balai Veteriner Provinsi Lampung dinyatakan terinfeksi PMK.

Sedangkan untuk di Kabupaten Bengkulu Selatan ada satu ekor sapi yang mengeluarkan gejala klinis terinfeksi PMK.

Untuk sampel tersebut telah dikirim untuk diperiksa, saat ini pihaknya masih menunggu hasil konfirmasi dari laboratorium untuk memastikan. *

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X