• Senin, 27 Juni 2022

Teliti Saat Membeli Hewan Kurban, Agar Peroleh Hewan yang Sehat

- Minggu, 22 Mei 2022 | 13:45 WIB
Ustadz Sayid saat memberi pengajian.      (Foto: Sulistyanto)
Ustadz Sayid saat memberi pengajian. (Foto: Sulistyanto)

 

SLEMAN, harianmerapi.com – Sebagian pembicara Pengajian Ahad Pon di Panti Asuhan dan Pondok Pesantren (PA/PP) Bina Insani Moyudan Sleman biasa mengupas hal-hal yang sedang hangat di masyarakat.

Seperti halnya Ustadz Agus Al Sayid (peruqyah dan perukhti jenazah) asal Jogja, Minggu (22/5/2022), antara lain mengupas seputar pandemi Covid-19 yang sudah melandai sampai soal penyakit mulut dan kuku pada ternak ruminansia (sapi, domba, kambing).

“Penyakit mulut dan kuku pada ternak seperti sapi, kambing dan domba akibat infeksi virus hanya menular pada hewan dan tidak berbahaya bagi manusia asal tata cara pengolahan atau proses perebusan dagingnya secara baik,” ungkap Ustadz Sayid.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Menjadi Endemi, Begini Cara Menangani Pasien yang Terpapar Virus Corona

Tak kalah penting, meski Idul Adha jatuh pada 9 Juli 2022, namun sekarang ini sudah ada jual-beli atau persiapan hewan kurban terutama domba-kambing dan sapi. Sehingga, sudah selayaknya sebelum membeli diteliti secara benar agar memperoleh calon hewan kurban yang sehat.

“Alhamdulillah, pandemi Covid-19 sudah melandai. Insya Allah kita bisa lulus dari ujian pandemi ini dan saya sendiri pernah terinfeksi Covid-19, lalu saya gempur antara lain dengan wedang jahe dan bawang putih dan bisa sembuh,” urainya.

Sedangkan masih seringnya ada kecelakaan dan sampai meninggal dunia, bisa disebabkan beberapa faktor, misalnya tak berdoa dahulu sebelum berkendaraan maupun karena tergesa-gesa. Saat tergesa-gesa akan mudah masuk dalam tipu daya setan.

Baca Juga: Viral Remaja Kebut-kebutan Bawa Sajam di Bantul, Polisi Akan Kenakan UU Darurat, Ini Ancamannya

Ia sendiri sudah biasa memandikan jenazah yang meninggal karena kecelakaan. Lalu salah satu ikhtiar untuk menghilangkan gangguan-gangguan setan, yakni dengan berhujan-hujanan.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X