• Rabu, 29 Juni 2022

Penanganan Kasus PMK, Bupati Temanggung : Ikuti Arahan Petugas di Lapangan

- Kamis, 19 Mei 2022 | 22:40 WIB
Petugas memeriksa kesehatan ternak di pasar hewan  (Foto: Arif Zaini Arrosyid)
Petugas memeriksa kesehatan ternak di pasar hewan (Foto: Arif Zaini Arrosyid)

TEMANGGUNG, harianmerapi.com - Dalam penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak, Bupati Temanggung Al Khadziq meminta pada masyarakat khususnya peternak untuk dapat mematuhi arahan dari petugas di lapangan.

"Penangan PMK, saya mohon pada masyarakat ikuti selalu arahan dari petugas Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) yang ada di lapangan," kata Al Khadzoiq, Kamis (19/5/2022).

Al Khadziq mengatakan DKP3 terus melakukan pemantauan dan sosialisasi secara intensif terkait bahaya PMK dan cara penanganannya pada masyaraat khususnya pada peternak.

Baca Juga: Gala Dinner Bersama Miyabi Menuai Protes, Polda Metro Jaya : Tidak Perlu Izin Keramaian

Dia mengatakan petugas juga membuka posko di pasar hewan yang ada untuk mendeteksi adanya PMK dan menghindari masuknya PMK, pada hewan ternak di Kabupaten Temanggung.

Dia menyampaikan karena PMK sangat merugikan bagi para peternak maka dari awal harus dideteksi dan sebisa mungkin dicegah untuk tidak masuk dan merebak di Temanggung.

"Sampai Kamis ini tidak ada kasus PMK, harapan tidak ada PMK di Temanggung," kata dia.

Baca Juga: Indonesia Gagal ke Final Sepak Bola SEA Games Vietnam

Kepala DKP3 Joko Budi Nuryanto mengatakan telah mengeluarkan surat untuk mewaspadai terhadap PMK pada hewan. Surat tersebut bernomor 524.3/1595/2022 dan diterbitkan 12 Mei 2022.

Pada surat itu, ungkapnya disampaikan ciri ternak yang terkena PMK dan berbagai upaya pencegahan dan pengendalian yang dapat dilakukan untuk menghentikan penyebaran infeksi virus Picomaviridae, Apthovirus (RNA).

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Cabai Tinggi, Petani Berseri-seri

Selasa, 21 Juni 2022 | 21:40 WIB

Pilkades di Temanggung Diikuti 107 Kontestan

Selasa, 21 Juni 2022 | 19:20 WIB
X