• Senin, 27 Juni 2022

Curah Hujan Tinggi, Pemkab Sukoharjo Ingatkan Masyarakat Waspada Bencana Alam

- Kamis, 26 Mei 2022 | 18:11 WIB
Ilustrasi- hujan  (ANTARA/Nova Wahyudi)
Ilustrasi- hujan (ANTARA/Nova Wahyudi)

 

SUKOHARJO, harianmerapi.com - Pemkab Sukoharjo mengingatkan masyarakat terhadap potensi bahaya akibat bencana alam karena perubahan cuaca ekstrem. Sebab curah hujan sangat tinggi disertai angin kencang dalam beberapa hari terakhir.

Beberapa wilayah rawan diminta meningkatkan kewaspadaan dengan memantau titik rawan bencana seperti banjir, tanah longsor dan pohon tumbang.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Kamis (26/5/2022) mengatakan, kondisi alam di Kabupaten Sukoharjo dalam beberapa hari terakhir terlihat sering terjadi curah hujan tinggi dan angin kencang.

Baca Juga: Dua Tersangka Pelaku Pembunuhan di Nalumsari Berhasil Ditangkap Tim Gabungan Polres Jepara dan Polda Jateng

Bahkan bencana alam sudah banyak terjadi dibeberapa daerah. Hal ini menjadi penanda untuk masyarakat Sukoharjo lebih meningkatkan kewaspadaan.

Pemkab Sukoharjo sudah meminta kepada organisasi perangkat daerah (OPD) dan pihak terkait lainnya untuk meningkatkan kewaspadaan bencana alam. Hal sama juga diminta kepada masyarakat Sukoharjo.

"Jajaran OPD sudah saya minta langsung dan masyarakat kami ingatkan untuk mewaspadai bencana alam. Perubahan cuaca sekarang sangat ekstrem sering hujan deras dan angin kencang. Padahal biasanya orang dulu ingatnya kondisi sekarang sudah masuk kemarau tapi ternyata masih hujan deras," ujarnya.

Baca Juga: Tradisi Brokohan di Kandang Kelompok Margo Andini Makmur (MAM)

Bupati bahkan sudah meminta jajarannya melakukan pemangkasan ranting pohon membahayakan di lingkungan kantor Pemkab Sukoharjo. Kegiatan tersebut melibatkan sejumlah OPD dengan menerjunkan petugas dan peralatan yang dimiliki.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X