• Selasa, 9 Agustus 2022

Antisipasi Berbagai Bencana, Perlu Mengenal Teknologi Mitigasi Bencana Karya Indonesia

- Selasa, 17 Mei 2022 | 11:30 WIB
Pengendara sepeda motor melintasi papan penanda menuju batas aman tsunami yang terpasang di kawasan rawan bencana tsunami, Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (14/1/2022).  (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)
Pengendara sepeda motor melintasi papan penanda menuju batas aman tsunami yang terpasang di kawasan rawan bencana tsunami, Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (14/1/2022). (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)



JAKARTA, harianmerapi.com - Indonesia telah berhasil memanfaatkan teknologi untuk mendukung penguatan kesiapsiagaan, pengurangan risiko bencana dan penanggulangan bencana.


Indonesia juga mampu menciptakan sistem deteksi dini bencana alam.


Sistem deteksi dini diperlukan bagi antisipasi bencana, mulai dari banjir, tanah longsor, hingga tsunami. Selain itu, alat deteksi ketahanan gedung bertingkat dalam menghadapi gempa bumi tentunya dibutuhkan, khususnya di kota-kota besar.

Baca Juga: Elon Musk Ingin Beli Twitter dengan Harga Lebih Murah, Begini Alasannya

Menurut Kepala Organisasi Riset Kebumian dan Maritim Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Ocky Karna Radjasa, seperti dilansir ANTARA, penggunaan teknologi tersebut akan membantu pengambilan keputusan untuk memberikan peringatan dini kepada masyarakat berdasarkan hasil pengamatan gejala-gejala gempa bumi dan tsunami.

Selain itu, teknologi perkuatan struktur bangunan seperti base isolation system dapat mencegah kerusakan pada bangunan tinggi sehingga mengurangi risiko bencana saat gempa terjadi.

Pemanfaatan teknologi mitigasi yang tepat dapat membantu upaya pengurangan risiko bencana secara efektif apabila sudah tersedia informasi atau data ilmiah terkait antara lain yang meliputi karakteristik sumber gempa, data bentuk permukaaan dasar laut, dan data kepadatan tanah.

Informasi atau data tersebut akan berguna untuk menentukan jumlah dan posisi penempatan peralatan pemantauan gempa dan tsunami dan jenis teknologi perkuatan struktur bangunan.

Baca Juga: Tissa Biani Beri Kejutan Spesial untuk Dul Jaelani, Ini Kejutannya

 

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MAFINDO gelar kompetisi konten social media

Sabtu, 16 Juli 2022 | 16:01 WIB
X