• Rabu, 5 Oktober 2022

Pameran dan Workshop IDEAKSI, Ide Inovasi Aksi Inklusi dalam Kesiagaaan dan Penanggulangan Bencana di UKDW

- Kamis, 28 April 2022 | 11:15 WIB
 Kegiatan Pameran dan Workshop IDEAKSI Jumat-Sabtu, 22-23 April 2022 di Atrium Agape UKDW Yogyakarta.  (Humas UKDW)
Kegiatan Pameran dan Workshop IDEAKSI Jumat-Sabtu, 22-23 April 2022 di Atrium Agape UKDW Yogyakarta. (Humas UKDW)

JOGJA, harianmerapi.com - Centre of Entrepreneurship and Innovation (Centrino) Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta mendukung diadakannya “Pameran dan Workshop IDEAKSI:

Ide Inovasi Aksi Inklusi dalam Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana” Jumat-Sabtu, 22-23 April 2022 di Atrium Agape UKDW Yogyakarta.

Hal ini merupakan salah satu bentuk peran aktif Centrino UKDW dalam menciptakan generasi yang sadar inklusivitas.

Baca Juga: Nyi Mas Melati Singa Betina dari Tangerang 2: Tanah Dikuasai Pemilik Tanah Partikelir yang Didukung Kompeni

IDEAKSI sendiri merupakan kompetisi inovasi penanggulangan bencana yang berfokus pada kelompok rentan gelaran Yakkum Emergency Unit (YEU).

Dalam program “Community-Led Innovation Partnership” yang didukung Elrha, Start Network, dan ADRRN Tokyo Innovation Hub serta didanai oleh FCDO, YAKKUM Emergency Unit (YEU)

menginisiasi rangkaian IDEAKSI sejak Januari 2021 dimana tim inovator lokal didukung baik finansial dan nonfinansial untuk mengembangkan solusi yang inklusif untuk menjawab tantangan masyarakat

dalam rangka meningkatkan aksesibilitas, akuntabilitas, dan inklusi difabel maupun lanjut usia dalam kesiapsiagaan bencana dan respons kemanusiaan melalui inovasi berbasis komunitas.

Pada kesempatan ini, IDEAKSI berkolaborasi bersama 10 tim inovator lokal dalam mewujudkan ide inovasi-inovasi yang inklusif dalam penanggulangan bencana untuk kelompok difabel, lansia, dan kelompok paling rentan lainnya.

IDEAKSI diharapkan menjadi pintu hadirnya inovasi yang bersifat inklusi dalam rangka penanggulangan bencana di Indonesia.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X