• Senin, 3 Oktober 2022

Peringatan HKBN 2022, Kodim 0726 Sukoharjo Gelar Simulasi Penanganan Bencana Gempa Bumi

- Rabu, 27 April 2022 | 17:00 WIB
Kodim 0726 Sukoharjo gelar simulasi penanganan bencana gempa bumi.  (Dokumentasi Kodim 0726 Sukoharjo)
Kodim 0726 Sukoharjo gelar simulasi penanganan bencana gempa bumi. (Dokumentasi Kodim 0726 Sukoharjo)

SUKOHARJO, harianmerapi.com - Kodim 0726 Sukoharjo bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar simulasi evakuasi atau penanganan bencana gempa bumi.

Kegiatan digelar dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) tahun 2022.

Dalam simulasi tersebut diperagakan seakan nyata kejadian gempa bumi. Petugas dilatih untuk melakukan berbagai upaya penanganan. Kegiatan digelar di Markas Kodim 0726/Sukoharjo.

Baca Juga: Cegah Kemacetan Libur Lebaran, Diterapkan 5 Koridor Arus Lalu Lintas Wisatawan di Gunungkidul

Pasiterdim 0726 Sukoharjo Kapten Czi Hartono, Rabu (27/4/2022) mengatakan, Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) yang mengusung tema Keluarga Tangguh Bencana, Pilar Bangsa Menghadapi Bencana dijadikan momentum untuk menyadarkan kita semua bahwa pelatihan, simulasi dan mitigasi bencana sangat penting dilakukan guna mengurangi risiko dampak bencana.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional tahun 2022, kami menggelar apel bersama personel gabungan TNI dari Kodim 0726/Sukoharjo, BPBD Sukoharjo serta PMI Sukoharjo, setelah usai apel dan briefing kami lanjutkan dengan simulasi gempa bumi," ujarnya.

Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Agus Adhy Darmawan, mengatakan, simulasi penting dilaksanakan untuk melatih kesiapsiagaan petugas termasuk TNI.

Baca Juga: Akhirnya, Pemerintah Bayar Uang Ganti Rugi Tanah Kuari Andesit Desa Wadas, Mau Tau Nilainya? Sungguh Fantastis

"Kegiatan yang kami lakukan ini untuk menanamkan pemahaman mitigasi bencana, dengan harapan, semua bisa melindungi diri saat terjadi bencana, serta melatih kesiapsiagaan petugas dalam hal ini TNI bersama BPBD dibantu PMI Kabupaten Sukoharjo," ujarnya.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dishub Sukoharjo temukan angkudes naikkan tarif

Kamis, 22 September 2022 | 17:50 WIB
X