• Sabtu, 10 Desember 2022

Cegah Terjadi Perusakan Seperti Pagar Keraton Kartasura, Pemkab Sukoharjo Awasi Ketat Benda Cagar Budaya

- Selasa, 26 April 2022 | 13:40 WIB
Tumpukan batu bata berserakan setelah pagar Keraton Kartasura dibongkar. (Foto: Wahyu Imam Ibadi)
Tumpukan batu bata berserakan setelah pagar Keraton Kartasura dibongkar. (Foto: Wahyu Imam Ibadi)

SUKOHARJO,harianmerapi.com- Pemkab Sukoharjo akan melakukan pengecekan ulang data Benda Cagar Budaya (BCB) yang tersebar di sejumlah wilayah di Kabupaten Sukoharjo. Hal ini penting sebagai bentuk perlindungan BCB sekaligus mencegah perusakan.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Selasa (26/4/2022) mengatakan, BCB sesuai laporan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo yang berada di wilayah Kabupaten Sukoharjo tidak hanya Keraton Kartasura saja.

BCB tersebar disejumlah wilayah dan kondisinya terus dipantau. Bahkan pemantauan semakin diperketat setelah ada kejadian kasus perusakan pagar Keraton Kartasura oleh warga yang akan melakukan pembangunan tempat usaha.

Baca Juga: Pengalaman Mistis Hilang Beberapa Hari Ternyata Digondol Wewe, Ini Kejadian yang Dialami ....

Pemkab Sukoharjo memastikan sudah melakukan pendataan BCB. Data tersebut nantinya akan dicek ulang dengan melihat perkembangan kondisi.

Petugas akan mengecek untuk melihat dari dekat sekaligus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat sekitar BCB tersebut berada.

"Dari Disdikbud sudah ada data BCB. Data itu akan dicek lagi dan dicek juga ke lokasi untuk melihat perkembangan kondisi BCB. Kedepan jangan sampai ada perusakan lagi BCB seperti pembongkaran pagar Keraton Kartasura," ujarnya.

Pemkab Sukoharjo dalam penanganan BCB tidak melakukan sendiri, namun melibatkan pemerintah provinsi dan pusat. Termasuk juga masyarakat untuk membantu merawat dan melestarikannya.

Baca Juga: Bongkar Prostitusi Online di Bulan Ramadhan, Polres Sleman Amankan PSK Bertarif Rp 300 Ribu dan 2 Mucikari

"Kabupaten Sukoharjo ternyata memiliki cukup banyak BCB dan kami minta masyarakat membantu menjaga dan melestarikan sebagai bagian dari sejarah," lanjutnya.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X