• Selasa, 9 Agustus 2022

Aturan Mudik Dilonggarkan, Pemkab Sukoharjo Perkirakan Jumlah Pemudik Membludak

- Minggu, 24 April 2022 | 13:15 WIB
Forkopimda Sukoharjo saat melakukan pengecekan kesiapan personil dan peralatan Operasi Ketupat Candi 2022.  (Wahyu Imam Ibadi)
Forkopimda Sukoharjo saat melakukan pengecekan kesiapan personil dan peralatan Operasi Ketupat Candi 2022. (Wahyu Imam Ibadi)

SUKOHARJO, harianmerapi.com - Pemkab Sukoharjo memperkirakan jumlah pemudik yang masuk wilayah Kabupaten Sukoharjo akan membludak pada mudik Idul Fitri tahun 2022 ini. Sebab sudah dua tahun ada larangan dan pembatasan mudik.

Adapun sekarang pemerintah memberikan pelonggaran. Namun masyarakat tetap diminta menerapkan protokol kesehatan secara ketat mengingat pandemi virus corona belum berakhir.

Wakil Bupati Sukoharjo Agus Santosa, Minggu (24/4) mengatakan, mudik itu melibatkan jutaan orang tentu didalamnya ada potensi baik ancaman keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dan penyebaran virus Corona.

Baca Juga: Mudik Menggunakan Kendaraan, Agar Peredaran Darah Lancar, Lakukan Peregangan Seperti Ini

Pemerintah saat ini sudah membuka berdasarkan atas data-data tingkat penyebaran virus Corona dan lainnya. Hal inilah yang mendasari pemerintah pusat akhirnya memberikan pelonggaran mudik pada Idul Fitri tahun 2022 ini.

"Karena sudah dua tahun tidak ada mudik karena ada larangan atau pembatasan mudik dan sekarang dibuka. Maka harapan saya kita ikuti apa yang disampaikan dan sesuai petunjuk pemerintah supaya semua berjalan dengan baik. Jangan sampai euforia menjadi tidak terkendali. Saya yakin betul nanti akan membludak," ujarnya.

Jumlah personil yang dilibatkan nantinya akan ditambah dari tim gabungan seperti Kodim 0726 Sukoharjo dan jajaran TNI serta instansi terkait lainnya. Petugas yang terlibat tersebut seperti Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan (Dishub). Kesiapan personil yang terlibat sudah dipastikan siap setelah dilakukan apel gelar pasukan.

Baca Juga: Kapal Tenggelam di Tunisia, 12 Orang Tewas dan 10 Hilang, Begini Kondisinya

Polres Sukoharjo dalam Operasi Ketupat Candi 2022 menyiapkan tiga pos pengamanan (pospam). Masing-masing satu unit Pospam berada di Simpang Lima Tugu Adipura Sukoharjo, Simpang Empat Patung Pandawa Solo Baru Grogol dan bekas terminal bus lama Kartasura.

"Fokus pengamanan kita nanti terkait dengan keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), kemudian perjalanan mudik dapat berjalan dengan lancar dan pengendalian virus Corona agar tidak kembali meledak," ujarnya.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X