• Sabtu, 21 Mei 2022

Peradi Wonosari Gelar Seminar Peran, MKDKI dan MKEK dalam Penyelesaian Sengketa Medik

- Jumat, 21 Januari 2022 | 22:30 WIB
DPC Peradi Wonosari saat menyelenggarakan seminar di Limasan Binasari Yogyakarta  (Foto: yusron Mustaqim)
DPC Peradi Wonosari saat menyelenggarakan seminar di Limasan Binasari Yogyakarta (Foto: yusron Mustaqim)

 

JOGJA, harianmerapi.com - Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (DPC Peradi) Wonosari menggelar Seminar Peran Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDKI) dan Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) dalam Penyelesaian Sengketa Medik yang diselenggarakan DPC Peradi Wonosari di Limasan Binasari Jalan Veteran Yogya, Jumat (21/1/2022).

Seminar yang diikuti oleh para advokat di wilayah DIY ini dilakukan untuk menambah wawasan pengetahuan penyelesaian sengketa medik yang terjadi antara pasien dengan dokter atau rumah sakit.

Dalam seminar tersebut menghadirkan nara sumber dr Ida Bagus Gede Surya Putra Pidada SpFM (k) MH (IDI DIY) dan Andreas Budi Kristanto SKep Ns SH MH (RS Bethesda).

Baca Juga: Suami Bunuh Istri Gara-gara Korban Ingin Menikah Lagi

Selain itu seminar juga dihadiri Ketua DPC Peradi Wonosari Suyanto Siregar SH, Sekertaris H Kokok Sudan Sugijarto SH MM dan Bendahara Moh Fausi SH.

Seperti dikemukakan dr Ida Bagus Gede Surya Putra Pidada SpFM (k) MH, selama ini sengketa medik yang terjadi biasanya akan diselesaikan melalui MKDKI atau MKEK.

Di wilayah Yogya hingga kini laporan masyarakat terhadap pelanggaran disiplin maupun kode etik tergolong minim.

"Jangan sampai permasalahan yang menyangkut dokter masuk ke arah hukum. Karena saat terjadi masalah sampai ke disiplin saja sudah membuatku keringat dingin," ujar dr Ida Bagus disela-sela menyampaikan materi.

Baca Juga: Prof Zubairi Djoerban Sampaikan Formula Hadapi Covid-19 Varian Omicron

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X