• Selasa, 30 November 2021

Berikan Layanan Terbaik bagi Wisatawan, Dispar DIY Gelar Bimtek UJP Angkutan Wisata

- Jumat, 26 November 2021 | 07:30 WIB
Ketiga narasumber pada bimbingan teknis usaha jasa pariwisata (UJP) angkutan wisata di Cavinton Hotel Yogyakarta. (Dok Dispar DIY)
Ketiga narasumber pada bimbingan teknis usaha jasa pariwisata (UJP) angkutan wisata di Cavinton Hotel Yogyakarta. (Dok Dispar DIY)

JOGJA, harianmerapi.com - Dinas Pariwisata DIY menyelenggarakan bimbingan teknis usaha jasa pariwisata (UJP) angkutan wisata di Cavinton Hotel Yogyakarta pada Kamis (25/11/2021).

Acara tersebut diikuti oleh pengusaha angkutan wisata yang ada di DIY di antaranya Velocity Transport, Alfa Trans, Bimo, Bintang Lima Rent Car, Jeep Wisata Gunungkidul dan angkutan wisata lainnya.

Pada bimtek kali ini para pengusaha dibekali pemahaman mengenai peraturan baru di masa pandemi agar mereka dapat beradaptasi dengan melakukan pembenahan pelayanan lebih baik lagi kepada wisatawan.

Baca Juga: AHY Dicurhati Seorang Emak-emak, Meminta Anaknya Bisa Bekerja di Partai Demokrat

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, S.H.,M.Ed. Dalam sambutannya Singgih mengungkapkan kondisi pariwisata di DIY kini mulai ramai, hotel maupun di jalan sudah terlihat transportasi umum seperti bus-bus pariwisata.

Lain halnya saat situasi awal covid pada tahun 2020 dimana trend wisatawan yang masuk ke Yogyakarta lebih memilih transportasi pribadi daripada transportasi umum untuk menghindari terpaparnya Virus Covid-
19.

Selanjutnya Singgih yakin bahwa upaya yang selama ini diadakan seperti SOP, bimbingan teknik usaha jasa pariwisata, bantuan sarana-prasarana yang mendukung protokol kesehatan di destinasi wisata dan adanya bantuan hibah Gubernur kepada 169 Pokdarwis se DIY untuk reaktivasi kembali destinasi wisata akan membuahkan hasil di sektor pariwisata.

Baca Juga: Heboh Anak Jual Perabot Ibu Demi Pacar, Tak Patut Bila Sampai Pengadilan

“Melalui bimtek ini kita ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada wisatawan. Ada beberapa hal yang harus disesuaikan di masa pandemi dan juga menyesuaikan peraturan yang bersifat dinamis. Semoga melalui kegiatan ini kita dapat beradaptasi dengan perubahan peraturan yang berbasis resiko atau OSS berbasis resiko, agar kedepan pelayanan lebih baik lagi,” kata Singgih.

Narasumber Novian Chrisnando,Sip dari DPPM DIY pada kesempatan tersebut mengajak para pengusaha angkutan wisata di DIY untuk melengkapi perijinan usaha yang dikelolanya. Perizinan berusaha dikatakan Nando sangat penting dilakukan karena bermanfaat untuk operasional kedepannya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DIY Kini Miliki 134 Warisan Budaya Tak Benda

Jumat, 26 November 2021 | 10:55 WIB
X