• Selasa, 7 Desember 2021

Ikuti Gelar Potensi Kalurahan Budaya, Girimulyo Berupaya Raih Status Kalurahan Budaya

- Kamis, 25 November 2021 | 17:30 WIB
Bupati Gunungkidul, H Sunaryanta saat mengunjungi stand Kalurahan Girimulyo di gedung Taman Budaya Gunungkidul  (Dok. Kalurahan Girimulyo)
Bupati Gunungkidul, H Sunaryanta saat mengunjungi stand Kalurahan Girimulyo di gedung Taman Budaya Gunungkidul (Dok. Kalurahan Girimulyo)

 

GUNUNGKIDUL, harianmerapi.com - Pemerintah Kalurahan Girimulyo, Panggang, terus berupaya meraih status Kalurahan Budaya. Berbagai strategi dilakukan yaitu dengan mengadakan pelatihan pentas seni tradisional di setiap dusun dan sanggar serta mengikuti berbagai event budaya.

Begitu pula saat Kalurahan Girimulyo mendapat kesempatan mementaskan berbagai kesenian tradisional yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul di gedung Taman Budaya Gunungkidul 21 November 2021.

Acara yang dilaksanakan dalam rangka Gelar Potensi Kalurahan Budaya Gunungkidul Tahun 2021 dan dibuka oleh Bupati Gunungkidul, H Sunaryanta menjadi kesempatan untuk menunjukkan kekayaan seni dan budaya yang dimiliki.

Baca Juga: Anak Jual Perabot Ibu Demi Pacar di Bantul, Ternyata Begini Kisah Cintanya

“Saat ini Girimulyo masih menyandang sebagai Rintisan Kalurahan Budaya. Kami (Pemerintah Kalurahan Girimulyo) terus berupaya menaikkan status menjadi Kalurahan Budaya,” kata Lurah Girimulyo, Sunu Raharjo, Kamis (25/11/2021).

Dalam pentas pertunjukan tersebut, Kalurahan Girimulyo menampilkan geguritan dari siswa SD. Sedangkan pentas wayang kulit mementaskan dalang dan pengrawit dari anak-anak SD hingga mahasiswa.

Sebagai lurah, lanjut Sunu, dia hanya mendorong dan mensuport karena kegiatan terkait seni dan budaya sudah dipercayakan pada ketua Rintisan Kalurahan Budaya dan anggotanya.

Baca Juga: Tertangkap Warga di Bantul, Pelaku Klitih Ini Mengaku Siap Tanggung Jawab

"Saya sebagai lurah hanya mendorong dan mensuport. Semuanya saya serahkan pada pengurus" ucapnya.
Dijelaskan Sunu, untuk menuju Kalurahan Budaya, segala upaya telah dilakukan oleh warga Girimulyo. Di setiap acara sering mentampilkan potensi budaya yang ada seperti kerajinan, kuliner serta seni dan budaya lainnya.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X