• Jumat, 27 Mei 2022

Duka itu Masih Dirasakan Warga Desa Pagentan Banjarnegara

- Senin, 22 November 2021 | 15:00 WIB
Tebing setinggi 25 meter di Pagentan, Banjarnegara, Jawa Tengah yang longsor dan materialnya menimpa rumah warga di bawahnya. ANTARA/ (HO-BPBD Banjarnegara.)
Tebing setinggi 25 meter di Pagentan, Banjarnegara, Jawa Tengah yang longsor dan materialnya menimpa rumah warga di bawahnya. ANTARA/ (HO-BPBD Banjarnegara.)

BANJARNEGARA, harianmerapi.com - Bencana itu sudah terjadi tiga hari lalu, namun peristiwa tersebut sangat membekas dalam ingatan warga Desa Pagentan, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Tebing setinggi hampir 25 meter longsor itu terjadi pada Jumat (19/11), pukul 21.30 malam. Akibatnya material berupa tanah serta bebatuan menimpa dua rumah warga yang berada di bawahnya.

Sebanyak empat orang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di dalam rumah mereka yang tertimbun material longsoran, sedangkan satu orang lainnya diketemukan dalam kondisi selamat dan langsung dibawa ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan karena mengalami luka-luka.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Ingatkan Lonjakan Kasus Bica Capai 430 Persen Bila Prokes Tak Ketat

Kepala Desa Pagentan Abdul Kohar menuturkan saat kejadian ada salah seorang warganya sedang berada tidak jauh dari lokasi tebing longsor.

Warga tersebut mendengar suara yang sangat keras sehingga langsung berlari menuju lokasi sumber suara untuk melakukan pengecekan.

Begitu mengetahui ada dua unit rumah tertimbun material longsor, warga tersebut langsung menuju kediaman kepala dusun guna melaporkan kejadian itu. Selanjutnya, informasi itu juga diteruskan ke kepala desa serta pihak terkait lainnya.

Kabar duka itu lantas menyebar dengan cepat ke seluruh desa. Warga yang mendengar informasi tersebut langsung berbondong-bondong menuju lokasi kejadian.

Abdul Kohar juga menceritakan bahwa saat dia tiba di lokasi, terlihat dua unit rumah sudah dalam kondisi rusak berat karena tertimbun material longsor. Pihaknya bersama warga desa langsung berinisiatif melakukan evakuasi secara manual.

Baca Juga: Indonesia Kembali Berduka, Legenda Panahan Indonesia Leane Suniar Berpulang

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X