• Sabtu, 22 Januari 2022

Semarak Gebyar Pleret Meriahkan Hari Sumpah Pemuda

- Jumat, 29 Oktober 2021 | 15:27 WIB
 Kabid Pemeliharaan dan Pengembangan Sejarah Bahasa Sastra dan Permuseuman Dinas Kebudayaan DIY Tri Agus Nugroho (kiri) dan Kurniawan (tengah) Kabid Destinasi Dispar DIY. (Dok. Dinpar DIY)
Kabid Pemeliharaan dan Pengembangan Sejarah Bahasa Sastra dan Permuseuman Dinas Kebudayaan DIY Tri Agus Nugroho (kiri) dan Kurniawan (tengah) Kabid Destinasi Dispar DIY. (Dok. Dinpar DIY)

BANTUL, harianmerapi.com - Gebyar Pleret dengan tema Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh digelar Dinas Pariwisata DIY berkolaborasi bersama Paniradya DIY, Dinas Kebudayaan DIY, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah DIY dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY, Jumat 29 Okotber 2021 untuk memperingati hari Sumpah Pemuda tahun 2021.

Melalui podcast yang disiarkan Geronimo FM, Kabid Destinasi Dinas Pariwisata DIY Kurniawan, SE., Akt.Mec Dev serta Kabid Pemeliharaan dan Pengembangan Sejarah Bahasa Sastra dan Permuseuman Dinas Kebudayaan DIY Tri Agus Nugroho S.Sos.,Msi membahas tentang dukungan pemerintah terhadap pariwisata dan sejarah wilayah Pleret.

Dalam perbincangan tersebut Kabid Destinasi Dinas Pariwisata DIY Kurniawan menjelaskan bahwasanya Dinas Pariwisata DIY memiliki program untuk mengembangkan kepariwisataan berbasis potensi masyarakat, pihaknya juga akan mensupport penuh pengembangan potensi Yogyakarta khususnya di wilayah Pleret.

Baca Juga: Sukses Marketing dari Mulut ke Mulut, Timboel Jual Ratusan Butir Durian Perhari

Terkait dengan potensi wisata wilayah kelautan, wawan mengungkapkan bahwa konsep among tani dagang layar dapat terealisasi dengan jalinan kerjasama dan kolaborasi antara sisi wilayah utara dan selatan dimulai dengan adanya pembangunan JLSS yang terhubung dengan wilayah utara.

Program-program pembangunan DIY dikembangkan secara bersama dan saling berkaitan dengan sejarah, budaya, pariwisata dan lainnya. Obrolan yang bertempat di Taman Senja Ngelo tersebut tak hanya membahas tentang pariwisata, namun juga menyinggung sejarah Pleret dan peninggalannya oleh Tri Agus Nugroho.

Terdapat juga Podcast dengan narasumber Lurah Pleret Taufik Kamal, S.Kom.,M.sc, dan perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM DIY serta perwakilan DP3AP2 DIY.

Baca Juga: Bupati Pati Minta Kades Hati-hati Emban Tugas, Singgung Penyaluran BLT Harus Tepat Sasaran

Dalam acara Gebyar Pleret terdapat juga Rembug Desa yang dikemas secara talkshow dengan 3 narasumber yakni Fauzie Helmy seorang praktisi Branding, GKR Mangkubumi dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Kwintarto Heru Prabowo. Talkshow yang dipandu Dalijo Angkring selaku moderator tersebut berlangsung hidup dan hangat.

“Tak hanya sekedar talkshow, rangkaian acara dimeriahkan dengan acara pentas seni, naik perahu susur sungai kali Opak dimulai dari Taman Senja Ngelo sampai Taman Wisata Sungai Tempuran Banyu Kencono, bakti sosial sebanyak 250 paket kepada pelaku UMKM di wilayah Pleret” ungkap Taufik Kamal, S.Kom.,M.sc selaku Lurah Pleret.

Taufik menuturkan, dalam acara ini juga terdapat pemutaran film pemberdayaan keluarga dan pengumuman pemenang lomba Gebyar Museum Pleret 2021. Taufik berharap acara Gebyar Pleret dapat mengenalkan potensi-potensi pariwisata Pleret ke masyarakat luas seperti situs, wisata alam Banyu Kencono, dan wisata alam Ngelo. Pemerintah setempat dalam waktu dekat juga akan melaunching wisata Embung Bedukan dan Lereng Sentono. *

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X