• Senin, 6 Desember 2021

Kasus Sate Sianida, Aiptu Tomy dan Istri Diharapkan Hadir di Persidangan

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 21:10 WIB
Sidang sate sianida yang digelar secara online  (tangkapan layar sidang online PN Bantul)
Sidang sate sianida yang digelar secara online (tangkapan layar sidang online PN Bantul)



BANTUL, harianmerapi.com - Untuk mempercepat penyelesaian kasus sate sianida, Pengadilan Negeri (PN) Bantul mengagendakan persidangan digelar dua kali sepekan hari Senin dan Kamis.

Setelah memeriksa lima saksi, selanjutnya akan dihadirkan saksi Aiptu Tomy dalam persidangan pada Kamis (21/10/201).


Untuk itu, Jogja Police Watch (JPW) berharap Aiptu Tomy beserta istrinya hadir di persidangan secara langsung dalam sidang sate sianida dengan terdakwa Nani Aprilliani Nurjaman.

Baca Juga: Pelaku Tabrak Lari di Moyudan Sleman Ditangkap, Kabur Pulang ke Rumah karena Panik


"Kami menilai keterangan kedua saksi tersebut sangat dibutuhkan dalam pembuktian di pengadilan," ujar Kabid Humas JPW, Baharuddin Kamba kepada wartawan, Rabu (20/10/2021).


Disebutkan, kedua saksi ini penting kualitas kesaksiannya dalam kasus yang mengakibatkan Naba Faiz Prasetya seorang anak dari pengemudi ojek online meninggal dunia. Karena keterangan atau kesaksian dari Aiptu Tomy dan istrinya hanya dibacakan lewat BAP, maka JPW khawatir kualitas dari kesaksiannya menjadi rendah.


Namun bila saksi Aiptu Tomy tidak hadir di persidangan karena alasan patut menurut hukum harus memberikan alasan. Seperti misalnya tengah sakit tetapi harus dibuktikan dengan surat keterangan dokter atau rumah sakit.

Baca Juga: Penumpang KRL Jogja-Solo Meningkat 56 Persen, Anak Berusia di Bawah 12 Tahun Masih Belum Diizinkan


Menurut Baharuddin, kewajiban saksi hadir dipersidangan diatur pada pasal 224 KUHPidana, pasal 160 ayat (3), pasal 167 dan pasal 167 ayat (3) KUHAP.
JPW akan terus mengawal kasus tersebut hingga selesai.*

 

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X