• Selasa, 25 Januari 2022

PN Bantul Pastikan Sidang Kasus Sate Sianida Digelar Tatap Muka

- Kamis, 30 September 2021 | 14:52 WIB
  Persidangan kasus sate sianida dengan terdakwa Nani Apriliani Nurjaman sebelumnya digelar tanpa kehadiran penuntut umum.  (Foto:Yusron Mustaqim)
Persidangan kasus sate sianida dengan terdakwa Nani Apriliani Nurjaman sebelumnya digelar tanpa kehadiran penuntut umum. (Foto:Yusron Mustaqim)

BANTUL, harianmerapi.com - Pengadilan Negeri (PN) Bantul akan melaksanakan persidangan secara terbuka perkara sate sianida yang menyeret Nani Apriliani Nurjaman (25) warga Majalengka Jawa Barat.


Persidangan secara terbuka tersebut dilaksanakan dengan menghadirkan para pihak seperti jaksa penuntut umum, penasihat hukum maupun saksi-saksi untuk diperiksa secara langsung.


"Kecuali untuk terdakwa memang tidak bisa dihadirkan. Namun tetap mengikuti jalannya persidangan dari Lapas Wanita Wonosari," ujar Humas PN Bantul, Gatot Raharjo SH kepada wartawan, Kamis (30/9/2021).

Baca Juga: Menyelinap ke Garasi, Pencuri Bawa Kabur Dua Sepeda


Pihak terdakwa tidak bisa dihadirkan ke muka persidangan karena terkendala pandemi Covid-19. Karena setiap tahanan atau narapidana dari rutan atau lapas sebelum masuk ke dalam harus menjalani isolasi selama 14 hari.


Sehingga ketika terdakwa ke luar rutan lalu ikut sidang maka dapat dipastikan akan kembali melakukan isolasi 14 hari sebelum berbaur dengan napi lain. Padahal persidangan dilakukan seminggu sekali.


"Inikan akan membuat repot. Sehingga asas peradilan yang cepat dan murah tak bisa dipenuhi," terang Gatot.

Baca Juga: Orang Banyumas Ciptakan Aplikasi Sedekah Daring iWarga, Langsung Diapresiasi Bupati


Diakui, dalam sidang dua kali secara online dengan tanpa kehadiran penuntut umum tersebut banyak mengalami kendala.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemda DIY Siapkan Isoter dan Faskes Hadapi Omicorn

Rabu, 12 Januari 2022 | 10:00 WIB
X