• Selasa, 19 Oktober 2021

Kasus Sate Sianida, JPW Berharap Tomy dan Istri Dihadirkan dalam Persidangan

- Kamis, 26 Agustus 2021 | 22:15 WIB
Baharuddin Kamba (Foto: Dok Merapi)
Baharuddin Kamba (Foto: Dok Merapi)


YOGYA, harianmerapi.com - Jogja Police Watch (JPW) berharap Aiptu Tomy beserta istrinya hadir di persidangan secara langsung dalam kasus sate beracun sianida dengan tersangka Nani Aprilliani Nurjaman. Keterangan kedua saksi tersebut sangat dibutuhkan dalam pembuktian di pengadilan.


Kabid Humas JPW, Baharuddin Kamba mengungkapkan, kedua saksi ini penting kualitas kesaksiannya dalam kasus yang mengakibatkan Naba Faiz Prasetya seorang anak dari pengemudi ojek online meninggal dunia.


"Jika keterangan atau kesaksian dari Aiptu Tomy dan istrinya hanya dibacakan lewat BAP, maka JPW khawatir kualitas dari kesaksiannya menjadi rendah karena hanya dibacakan," ujar Kabid Humas JPW, Baharuddin Kamba kepadanya wartawan, Kamis (26/8/2021).

Baca Juga: Beraksi di 14 Lokasi, Pencuri Spesialis Burung Berkicau Dibekuk


Untuk itu kecuali kedua saksi ini tidak hadir dipersidangan karena alasan patut menurut hukum . Misalnya, sakit yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter atau rumah sakit tempat dirawat.


"Kewajiban saksi hadir dipersidangan diatur pada pasal 224 KUHPidana, pasal 160 ayat (3), pasal 167 dan pasal 167 ayat (3) KUHAP. Untuk itu kami akan terus mengawal kasus ini," terangnya.


Seperti diketahui sebelumnya, penyidik Polres Bantul telah menyerahkan berkas kasus sate beracun dengan tersangka Nani Aprilliani Nurjaman ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Bantul pada Rabu 24 Agustus 2021.

Baca Juga: 2 Mobil Berkejaran Saling Tabrak, Gasak Motor, Salah Satu Pengemudinya Diduga Penegak Hukum


Pihak Kejari Bantul pun menyatakan berkas dinyatakan lengkap (P-21). Sehingga kasus ini dapat segera disidangkan ke Pengadilan Negeri (PN) Bantul.*

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Terkini

MCCC Teguhkan Gerakan Jaga Kyai dan Santri

Jumat, 15 Oktober 2021 | 20:20 WIB
X