• Kamis, 20 Januari 2022

Berapa Biaya Umroh 2021? Begini yang Dibahas Kemenag RI

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 10:10 WIB
Jamaah melintas di umroh gate Masjidil Haram. Pemerintah kerajaan Arab Saudi telah membuka jalur umroh bagi jamaah Indonesia. (Foto: Arif Zaini Arrosyid )
Jamaah melintas di umroh gate Masjidil Haram. Pemerintah kerajaan Arab Saudi telah membuka jalur umroh bagi jamaah Indonesia. (Foto: Arif Zaini Arrosyid )

harianmerapi.com - Berapa biaya umroh 2021? Pertanyaan itu sering dilontarkan netizen setelah rencana dimulainya pemberangkatan umroh di masa pandemi.

Belum lama Sekjen Kemenag RI, Nizar memberi arahan dalam Rapat Koordinasi Tim Manajemen Krisis Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Perjalanan Ibadah Umrah tahun 1443 H di Jakarta, pekan lalu.

Dikutip dari laman resmi Kemenag RI, Nizar menginginkan ada penyesuaian biaya umroh di masa pandemi.

Baca Juga: Skema Keberangkatan dan Kepulangan Umroh Terbaru, Tiga Kali Swab PCR Sebelum Kembali ke Rumah

"Harga referensi itu harus dihitung cermat dan detail,” sebutnya.

Penyelenggaraan umroh mengharuskan ada penerapan protokol kesehatan yang akan berpengaruh pada biaya umroh yang diberlakukan.

Biaya umroh yang akan diberlakukan tahun 2021 dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Salah satunya adalah keharusan swab PCR yang dilakukan lebih dari satu kali.

Faktor lain adalah terkait skema karantina sebelum keberangkatan dan setibanya di Tanah Air.

“Kalau ada kenaikan, kira-kira harga referensinya menjadi berapa yang rasional dan bisa ditolerir, sehingga tidak memberatkan jemaah dan penyelenggaraanya tetap aman," sebutnya.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X