Minum Susu Menyehatkan Namun Bisa Memicu Radang Lambung, Begini Penjelasan Ahli

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 09:10 WIB
Kebiasaan minum susu harus diikuti dengan dikonsumsi makanan sehat.  (Arif Zaini Arrosyid)
Kebiasaan minum susu harus diikuti dengan dikonsumsi makanan sehat. (Arif Zaini Arrosyid)

harianmerapi.com - Kebiasaan minum susu kering rupanya menyebabkan radang lambung atau gastritis. Namun demikian bukan berarti kebiasaan minum susu merupakan hal berbahaya yang harus dihindari.

Minum susu memang menyehatkan namun jika tidak mematuhi pedoman bisa mengakibatkan penyakit radang lambung. Pedoman itu di antaranya larangan sebelum atau bersamaan minum susu.

Gastritis adalah gangguan sistem pencernaan yang juga dikenal sebagai radang lambung. Penyakit ini terjadi ketika lapisan dalam dinding lambung (mukosa) meradang atau membengkak.

Baca Juga: Asam Lambung Naik, Yuk Makan Pisang dan Melon

Penyakit ini diderita hampir 10 persen penduduk dunia. Salah satu faktor pemicu gastritis adalah konsumsi tinggi protein dalam menu harian.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung dr Taryumi mengatakan, pola makan tinggi protein dapat memicu tingginya sekresi asam lambung. Tandanya adalah terasa panas dan perih di perut bagian uluhati.

Selain itu perut kembung, cegukan, mual, muntah, hilang nafsu makan, cepat merasa kenyang saat makan, buang air besar dengan tinja berwarna hitam dan muntah darah.

Dikatakan kebiasaan mengkonsumsi makanan pedas dan minum kopi juga dapat memicu terjadinya gastristis.

Hal ini karena makanan pedas bersifat merangsang organ pencernaan dan dapat menimbulkan iritasi pada lapisan mukosa lambung, sedangkan kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan aktivitas produksi asam lambung.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X