• Minggu, 17 Oktober 2021

Program Rehab RTLH, Sukoharjo Terima 1.500 BSPS Tahun 2021

- Sabtu, 18 September 2021 | 12:38 WIB
Ilustrasi warga bersama personil TNI terus menyelesaikan perbaikan RTLH di Desa Cilibang dalam rangkaian TMMD Kodim Cilacap. (Foto: Humas Kodim Cilacap)
Ilustrasi warga bersama personil TNI terus menyelesaikan perbaikan RTLH di Desa Cilibang dalam rangkaian TMMD Kodim Cilacap. (Foto: Humas Kodim Cilacap)

SUKOHARJO, harianmerapi.com - Kabupaten Sukoharjo pada tahun 2021 menerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk rehab sebanyak 1.500 rumah tidak layak huni (RTLH).

Bantuan diperuntukan di 45 desa. Pemkab Sukoharjo berharap bantuan yang diterima bisa menuntaskan semua RTLH menjadi rumah layak huni.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Sukoharjo Suraji, Sabtu (18/9/2021) mengatakan, Pemkab Sukoharjo terus melakukan rehab RTLH setiap tahun disejumlah wilayah sasaran. Program tersebut dijalankan melalui berbagai sumber dana bantuan baik dari daerah, provinsi dan pusat.

Baca Juga: Alvi Syahrin: Penulis Menjadi Golongan Sebaik-baiknya Manusia yang akan Mendapatkan Pahala Jariyah

Pada tahun 2021 ini Kabupaten Sukoharjo menerima bantuan dalam program BSPS sebanyak 1.500 unit RTLH. Rehab dilakukan dengan sasaran kondisi rumah warga yang tidak layak huni.

Bantuan bersumber dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) ini untuk pengentasan RTLH di Kabupaten Sukoharjo.

Sebanyak 1.500 RTLH bantuan pusat disebar untuk 45 desa. Masing-masing desa rata-rata dibagi 30 titik sasaran. Namun ada sebagian kecil yang mendapat 120 titik sasaran.

Baca Juga: Harimau Smarabumi Lawan Santet 2: Sengketa Air dan Batas Sawah Membuat Dendam Membara

Warga penerima atau titik sasaran BSPS untuk rehab RTLH sudah ditentukan dengan mengacu ketentuan dari pemerintah pusat. Kriteria tersebut dijalankan daerah sesuai kebijakan pemerintah pusat.

Calon penerima bantuan apabila lolos maka berhak menerima rehab RTLH. Begitupula sebaliknya bila kondisi rumah masih baik maka secara otomatis bantuan belum bisa diberikan.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X