• Selasa, 19 Oktober 2021

Alvi Syahrin: Penulis Menjadi Golongan Sebaik-baiknya Manusia yang akan Mendapatkan Pahala Jariyah

- Sabtu, 18 September 2021 | 12:18 WIB
Tangkap layar kegiatan webinar Monaco, Sabtu (18/9/2021) (Dokumen)
Tangkap layar kegiatan webinar Monaco, Sabtu (18/9/2021) (Dokumen)

YOGYA, harianmerapi.com - Novelis ternama Alvi Syahrin berpendapat bahwa seorang penulis akan menjadi golongan sebaik-baiknya manusia yang akan mendapatkan pahala jariyah. Mengapa demikian?

"Saat kita menulis topik apapun itu, baik menulis seputar Islam atau pengetahuan umum yang bermanfaat bagi orang lain, maka kita sama halnya seperti yang disebut oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya (yang artinya): Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia yang lain.” (HR. Ahmad)," kata Syahrin saat menjadi pembicara dalam webinar Monaco Batch#2, Sabtu (18/9/2021).

Webinar Monaco merupakan acara yang dilaksanakan PR IPM SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, sekaligus sebagai upaya untuk sosialisasi kegiatan Monaco.

Baca Juga: Kisah dan Pesona Ratu Kalinyamat 4: Bela Pati Suami dengan Sumpah 'Tapa Wuda Sinjang Rambut'

Monaco merupakan acara tahunan yang diselenggarakan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, yang pada tahun 2021 menjadi penyelenggaran tahun ke-6.

Monaco menghadirkan serangkaian lomba yang ditujukan kepada siswa SMP dan SMA sederajat dari seluruh Indonesia. Pendaftaran Monaco masih dibuka secara online melalui https://monaco.smumuhi-yog.sch.id/ hingga akhir September 2021.

Webinar hari ini diikuti sekitar 450 siswa SMP / SMA sederajat dan mahasiswa dari seluruh Indonesia melalui kanal zoom dan youtube.

Baca Juga: Kejujuran Membawa Nikmat 21: Menjalani Kehidupan Baru Tanpa Orang Tua

Alvi Syahrin sebagai pembicara merupakan penulis novel dan cerpen yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Pria kelahiran Ambon, 20 Januari 1992 tersebut saat ini menekuni profesi menulisnya di Surabaya.

Menurut Alvi Syahrin, ada 12 cara agar kita tetap menjadi seorang penulis yang percaya diri dan selalu optimis. Salah satu kutipan yang sangat berkesan dari Buku Insecurity is My Middle Name karya Alvi Syahrin adalah “You don’t have to be beautiful. You can be aducated, and that’s still beautiful in some ways”.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Musyawarah Tingkatkan Kualitas Prodi Teknik Mesin

Selasa, 12 Oktober 2021 | 17:20 WIB
X