Saperti tahu maupun susu kedelai, tempe miliki nilai gizi dan bantu hindarkan anemia

- Rabu, 9 November 2022 | 11:45 WIB
Asupan berbahan biji kedelai, misalnya wujud tempe dapat mendukung kesehatan secara alami serta bisa rutin dikonsumsi. ( Foto: Sulistyanto)
Asupan berbahan biji kedelai, misalnya wujud tempe dapat mendukung kesehatan secara alami serta bisa rutin dikonsumsi. ( Foto: Sulistyanto)



HARIAN MERAPI – Biji kedelai banyak dijadikan bahan dasar membuat aneka pangan yang mempunyai banyak nilai gizi, misalnya tahu, susu kedelai dan tempe.

Hasil dari olahan kedelai tersebut, bisa pula rutin dikonsumsi,sebab dapat mendukung kesehatan badan secara alami.

Sejumlah sumber pun menyebutkan, ketika bisa rutin mengkonsumsi olahan tempe akan memperoleh kandungan senyawa anti bakteri yang diproduksi oleh karang tempe.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Indonesia meningkat, Zubairi Djoerban: virus ini tidak peduli jika orang tak mempercayainya

Artinya pula, tubuh akan memperoleh anti biotik, manfaatnya antara lain dapat membantu meminimalkan terjadinya infeksi di tubuh yang disebabkan berbagai faktor.

Selain itu kandungan asam lemak jenuh ganda pada tempe, misalnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Tak kalah penting, memiliki sifat antioksidan untuk membantu menghindarkan serangan kanker.

Sedangkan kandungan kalsium pada tempe, antara lain dapat membantu mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Bahkan bisa berperan pula menghindarkan dari anemia, sebab tempe punya kandungan gizi seperti vitamin B12, zat besi, tembaga, seng, protein serta asam folat.

Baca Juga: Vaksin Inavac diluncurkan 100 persen vaksin karya anak bangsa, ini manfaatnya

Ada lagi kandungan senyawa lemak tak jenuh serta niacin antara lain bersifat menurunkan kolesterol jahat sekaligus dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan beberapa gangguan kesehatan lainnya.

Adapun salah satu kandungan gizi dalam tahu, yakni zat besi antara lain dapat berdampak bagus untuk mendukung lancarnya sirkulasi darah di tubuh.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini lho dampak nitrogen cair bila tertelan

Selasa, 17 Januari 2023 | 17:25 WIB
X