• Senin, 27 Juni 2022

Merawat Merpati Tinggian Trah Juara Butuh Waktu Hingga Sembilan Bulan

- Kamis, 26 Mei 2022 | 07:30 WIB
Jay DIY bersama burung merpatinya. (FOTO: SAMENTO SIHONO )
Jay DIY bersama burung merpatinya. (FOTO: SAMENTO SIHONO )

harianmerapi.com - Memelihara merpati tidak hanya untuk menyalurkan hobi semata. Namun, bagi sebagian orang, merpati dianggap sebagai hewan yang istimewa.

Burung ini bisa dijadikan simbol kehebatan pemiliknya. Jadi, tak heran kalau banyak waktu, tenaga bahkan uang yang harus dikeluarkan untuk menjadikan burung merpati mampu meluncur cepat di angkasa.

Semakin cepat dan berprestasi burung merpati semakin dicari.

Baca Juga: Hobi Mendatangkan Rezeki, Harga Merpati Tomprang Diklaim Bisa Tembus Rp 1 Miliar, Ini Faktanya

Kecepatan dan manuver itu pula burung merpati yang dimiliki Jayanto Setiawan. Warga Kuweron Candibinangun Pakem Sleman ini menjadikan merpati miliknya sebagai penakluk angkasa, dengan ketinggian dan kecepatannya.

"Latihan rutin dan burung yang memiliki trah juara menjadi kunci utama bermain burung tinggian," beber Jayanto, atau yang akrab di sapa Jay saat berbincang, Rabu (25/5/2022).

Bermain burung merpati tinggian sejak tahun 1980an, menurutnya merawat burung merpati tinggian butuh kesabaran. Merpati juara di arena lomba tidak jadi begitu saja, tapi ada upaya dari pemilik merawat dan perjuangan.

Baca Juga: Kambing Pygmy, Penghasil Susu yang Menjadi Peliharaan Lucu

"Perawatan harus sudah mulai dari merpati masih kecil. Kalau saya melatih di panggung Mataram di Karangwatu Muntilan, Magelang. Butuh waktu hingga 9 bulan, sampai burung siap dilombakan," jelasnya.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Viral, Gadis Jelita Bermain Python Hitam Besar

Rabu, 9 Maret 2022 | 16:15 WIB
X