• Senin, 27 Juni 2022

Hobi Bawa Rezeki, Warga Jogja Sukses Ternak Merpati Kolong, Segini Harga Anakan yang Tergolong Fantastis

- Rabu, 10 November 2021 | 18:08 WIB
ri Sukmawan, bersama dengan merpati kesayangannya (Foto: samento sihono)
ri Sukmawan, bersama dengan merpati kesayangannya (Foto: samento sihono)


JOGJA,harianmerapi.com-Tri Sukmawan (27) warga Jalan Karanglo 47, RT 06 Kotagede Yogyakarta, memiliki hobi memelihara burung merpati. Hobi tersebut berawal dari masa remajanya yang suka bermain merpati kolong, tepatnya tahun 2014. Hobi itu kini endatangkan rezeki.

"Saya suka merpati sudah sejak kecil. Tapi mulai bermain merpati kolong sejak tahun 2014. Wah namanya hobi ya sukar menjelaskan kenapa, suka saya," ucap Sukmawan baru-baru ini.
Berawal hobinya bermain merpati kolong ternyata terus berkembang. Namun hobi merpati tersebut pada akhirnya membawa berkah. Bagaimana tidak, ia mulai merambah untuk menekuni ternak merpati tahun 2018 silam.

"Setelah merpati saya mulai prestasi. Koleksi merpati saya bertambah, kemudian saya mulai belajar beternak merpati kolong dari indukan yang bagus-bagus," jelasnya.

Baca Juga: Selama Pandemi, Merpati Kolongan Kian Moncer

Pengalaman bermain merpati kolong, membuat koleksi merpati trah juara berada di kandang milik Sukmawan, seperti cucu kenwood, cucu garong, cucu zakuza, anak si pitung, adik lodeh, sapu lawan, dan masih banyak lagi.

Kontes kolong adalah menerbangkan merpati kemudian merpati tersebut harus cepat-cepat kembali lagi ke kolong (sebutan untuk jalur start merpati). Kolong berbentuk kotak ini berubah satu petak area.

Tampak puluhan burung ada di halaman rumah depan Sukmawan, bahkan ia tengah sibuk membersihkan kandanya. Selain merpati untuk kontes merpati kolong, ia juga berternak merpati, beberapa bertelur.

Baca Juga: Salut, Petugas Damkar Yogya Berhasil Evakuasi Seekor Burung Merpati yang Tercebur Sumur di Rumah Warga

Bahkan banyak orang dari berbagai daerah di Indonesia juga ingin membeli merpati anakan. Seekor harganya berkisar Rp 1 juta hingga Rp 3 juta. Harga itu tergantung dengan indukan dari anakan tersebut.*

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Viral, Gadis Jelita Bermain Python Hitam Besar

Rabu, 9 Maret 2022 | 16:15 WIB
X