• Senin, 29 November 2021

Hobi Meneliti Sekaligus Dapat Hibah Miliaran Rupiah, Ini Tips Profesor Universitas Trunojoyo Madura

- Senin, 25 Oktober 2021 | 21:21 WIB
Tangkap layar Webinar Komunitas SEVIMA, Senin 25 Oktober 2021. (@sevima_official)
Tangkap layar Webinar Komunitas SEVIMA, Senin 25 Oktober 2021. (@sevima_official)

SURABAYA, harianmerapi.com - Melakukan penelitian sudah menjadi kewajiban bagi mahasiswa dan dosen. Namun bisakah pundi-pundi uang hingga miliaran rupiah didapatkan para akademisi dari meneliti tersebut?

Prof. Arif Muntasa dan Assoc. Prof. Wahyudi Agustiono, Guru Besar dan Dosen Universitas Trunojoyo Madura mengungkap untuk bisa mendapatkan hasil penelitian yang sukses, seorang peneliti harus memiliki strategi tepat dalam proses pelaksanaan penelitian.

“Termasuk, memuliki passion (semangat) dan tekat yang kuat melakukan sebuah penelitian. Kalau bisa dibilang passion ini seperti istilah bonek. Yang mana keinginan yang kuat harus disertai dengan usaha maksimal,” ujar Arif dalam Webinar Komunitas SEVIMA, Senin 25 Oktober 2021 pagi.

Baca Juga: Nasib Petualang Cinta 5: Akhirnya Bertekuk Lutut pada Satu Wanita

Dalam informasi yang disampaikannya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk sukses meneliti dan dapat hibah penelitian:

1. Cari ide segar yang bermanfaat

Arif mengungapkan bahwa sebuah penelitian memang membutuhkan sebuah ide yang segar dan cemerlang. Oleh karena itu ide yang dijabarkan harus benar-benar fresh dan tahu arah serta tujuan dari ide yang akan Anda jalankan. Anda harus jelas ketika membuat input yang akan dimasukkan dalam proses penelitian tersebut.

Selain itu, Anda juga harus memastikan berapa lama jangka waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan proyek penelitian tersebut. Setelah bisa memetakan proses pelaksanaan proyek tersebut, Anda harus bisa memikirkan tentang ekspektasi yang akan muncul ketika hasil penelitian tersebut diketahui dan digunakan oleh banyak orang.

Baca Juga: Empat Macam Bentuk Mahabbah kepada Allah yang Harus Ditumbuhsuburkan

“ide yang harus dilakukan harus memiliki bahasan menarik (interesting) dan merupakan sebuah karya asli (novel). Etika juga harus dijunjung. Sehingga karyanya dapat bermanfaat dan relevan untuk pembangunan serta pengembangan ilmu pengetahuan,” ungkap Wahyudi.

2. Buat rencana penelitian dan penerapan secara matang

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inovasi Kopi Mahasiswa UMY Raih Juara KMI Expo 2021

Rabu, 24 November 2021 | 11:20 WIB
X