• Rabu, 29 Juni 2022

Umbi Talas Diolah Jadi Getuk Dengan Cita Rasa Enak, Manis dan Teksturnya Lembut

- Rabu, 18 Mei 2022 | 10:30 WIB
Umbi talas atau kimpul untuk dijadikan bahan baku pembuatan getuk sudah rutin disetori pihak pengepul.  (Foto: Sulistyanto)
Umbi talas atau kimpul untuk dijadikan bahan baku pembuatan getuk sudah rutin disetori pihak pengepul. (Foto: Sulistyanto)

SLEMAN, harianmerapi.com – Sebagian jenis tanaman talas sudah dibudidayakan warga, sebab bagian umbinya bisa diolah menjadi makanan dengan cita rasa serta tekstur khas.

Tanaman talas dengan umbi yang ukurannya sedang, bahkan kecil-kecil dan dalam Bahasa Jawa sering disebut pula kimpul atau enthik. Umbi ini cocok dibuat menjadi makanan tradisional seperti getuk atau kimpul dengan cita rasa enak, manis, gurih dan bertekstur lembut.

Bagi yang sudah profesional membuat getuk talas atau getuk kimpul, bukan suatu hal rumit, misalnya untuk mendapatkan bahan baku, tahapan pembuatan sampai soal pemasarannya.

Baca Juga: Syech Poerji: 3 Surat Alquran Cocok Dijadikan Bacaaan Kalam Ilahi Saat Syawalan

“Kalau sudah terbiasa membuat getuk kimpul, pihak pengepul bahan baku selalu siap mengantar sampai ke rumah. Kami tinggal telepon, umbi-umbi kimpul akan segera dikirim, sedangkan kalau mencari di pasar tradisional belum tentu ada,” ungkap pemilik usaha rumahan gethuk kimpul, Ny Warni, baru-baru ini.

Ditemui di rumah sekaligus tempat usahanya kawasan Mertosutan Godean Sleman, Ny Warni menjelaskan, dalam sehari membutuhkan sekitar 35 kilogram umbi talas atau kimpul. Tapi ketika pandemi Covid-19 belum melandai maupun saat Ramadhan biasanya tak sampai 35 kilogram per hari.

“Secara garis besar, pembuatan getuk kimpul diawali dengan pengupasan kulit, lalu dipotong-potong dan dikukus sampai matang,” urainya.

Baca Juga: Wujudkan Kesetaraan Gender, G20 Empower Hadirkan Pemimpin Perempuan

Istri dari Musriyadi ini melanjutkan, setelah dikukus lalu diangkat dan ditumbuk dalam keadaan masih panas sampai benar-benar lembut. Dalam tahapan ini ada pemberian kelapa parut, gula pasir serta garam.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mi Hot Plate, Lezat Disantap Saat Masih Panas

Senin, 16 Mei 2022 | 20:56 WIB

Manfaat Yogurt untuk Tubuh Saat Berpuasa

Kamis, 28 April 2022 | 17:15 WIB
X