• Rabu, 29 Juni 2022

Wujudkan Kesetaraan Gender, G20 Empower Hadirkan Pemimpin Perempuan

- Rabu, 18 Mei 2022 | 09:20 WIB
Konferensi pers G20 di Jogja. (FOTO: SAMENTO SIHONO )
Konferensi pers G20 di Jogja. (FOTO: SAMENTO SIHONO )

JOGJA, harianmerapi.com - Penyelengaraan G20 Empower di Jogja mendorong lebih banyak perempuan yang duduk di jabatan tinggi atau menjadi pimpinan di sebuah perusahaan, khususnya pada sektor swasta.

Yessie D Yosetya, Chairwoman G20 Empower, mengatakan mereka sudah memperlebar advocate atau jejaring advokasi yang beranggotakan pemimpin bisnis C-Level dan perwakilan pemerintah.

"Harapan kami mereka bisa langsung memastikan terjadinya perubahan dari sisi policy perusahaan, tata kelola perusahaan, dan seterusnya," kata Jessie dalam konferensi pers di Jogja, Selasa (17/5/2022).

Baca Juga: UAS Ditolak Masuk Singapura, Kedubes RI di Singapura Kirimkan Nota Protes

Government Representative G20 Empower dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Eko Novi Ariyanti, mengatakan keterwakilan perempuan di level direktur atau CEO perusahaan belum sampai 15 persen.

"Kita perlu melakukan afirmasi. Karena kalau bicara persentase perempuan di level perusahaan, artinya kita akan mendorong peningkatan Indeks Pembangunan Manusia dan Indeks Pemberdayaan Gender," ucapnya.

Salah satu yang termuat di Indeks Pemberdayaan Gender adalah persentase eksekutif yang terlibat di sektor swasta maupun pemerintahan. Menurutnya, tidak sampai 15 persen perempuan yang ada di sektor privat.

Baca Juga: Presiden : Pelaku Perjalanan Dalam dan Luar Negeri Tidak Perlu Tes PCR

"Kami mendorong adanya advokat-advokat, yang memang mayoritas adalah perempuan. Tapi tidak menutup potensi advokat pria, namun perempuan yang paling mengerti kebutuhan dari perempuan itu sendiri," katanya.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Lima Daerah dengan Kasus PMK Tertinggi

Rabu, 29 Juni 2022 | 18:30 WIB

Taman Nasional Komodo Perlu Pembatasan Pengunjung

Selasa, 28 Juni 2022 | 07:05 WIB
X