• Sabtu, 25 Juni 2022

Presiden : Pelaku Perjalanan Dalam dan Luar Negeri Tidak Perlu Tes PCR

- Selasa, 17 Mei 2022 | 18:14 WIB
Tangkap layar pernyataan Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (17/5/2022).  (ANTARA/Desca Lidya Natalia)
Tangkap layar pernyataan Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (17/5/2022). (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

JAKARTA, harianmerapi.com - Pemerintah mulai melonggarkan aturan terkait Covid-19. Selain melonggarkan pemakaian masker, pemerintah juga mulai meninggalkan kewajiban tes usap PCR bagi pelaku perjalanan.

Hal itu disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo saat memberikan pernyataan pers secara daring dari Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (17/5/2022).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan tidak perlu ada kewajiban tes usap PCR ataupun antigen bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan juga luar negeri (LN) yang sudah mendapatkan dosis vaksin Covid-19 secara lengkap.

Baca Juga: Aneka Manfaat Sirih Merah, salah Satunya untuk Menghambat Sel Kanker

"Bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapat dosis vaksinasi lengkap maka sudah tidak perlu lagi untuk melakukan tes swab PCR maupun antigen," kata Presiden Jokowi.

Presiden menyampaikan pelonggaran kebijakan tersebut karena kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia yang sudah semakin terkendali.

Kepala Negara juga memutuskan untuk memperbolehkan masyarakat tidak menggunakan masker jika sedang beraktivitas di luar ruangan atau di kawasan terbuka yang tidak padat.

Baca Juga: Kabar Gembira! Presiden Izinkan Masyarakat Lepas Masker, Tapi....

"Namun, untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker," imbuhnya.

Sedangkan, bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lanjut usia atau memiliki penyakit komorbid, Presiden menyarankan tetap menggunakan masker saat beraktivitas.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X