• Selasa, 24 Mei 2022

Menko Airlangga: Presidensi G20 Momentum Pulih Bersama Pasca Pandemi Covid-19

- Senin, 15 November 2021 | 19:30 WIB
Dr (HC) Ir Airlangga Hartarto MBA MMT IPU   (Foto: Dok Humas UMY)
Dr (HC) Ir Airlangga Hartarto MBA MMT IPU (Foto: Dok Humas UMY)

BANTUL, harianmerapi.com – Salah satu keputusan pada Forum KTT Group of Twenty (G20) di Italia, bulan lalu, adalah terpilihnya Indonesia sebagai presidensi G20 pada 2022 mendatang.

Pertumbuhan ekonomi pasca pandemi Covid-19 akan menjadi topik pembahasan, sebab G20 2022 akan mengangkat tema 'Recovery Together, Recovery Stronger'.

Menurut Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Dr (HC) Ir Airlangga Hartarto MBA MMT IPU, tema tersebut memiliki kata lain sebagai momentum pulih bersama pasca pandemi Covid-19.

“Menjadi presidensi G-20 merupakan kehormatan sekaligus harapan bagi pemerintah untuk turut andil mencari exit policy dari pandemi Covid-19,” ungkapnya melalui saluran Youtube UMYogya dalam seminar Indonesia's Global Leadership Outlook: How and for whose benefits? di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin (15/11/2021).

Baca Juga: Penurunan Stunting Tertinggi, Kulon Progo Jadi Percontohan se-DIY

Ditambahkan Airlangga, G20 merupakan forum koordinasi kebijakan yang lahir sebagai respons terhadap krisis ekonomi pada 1998 dan 1999 silam.

Forum tersebut dibentuk pada 1999 memiliki posisi strategis, sebab secara kolektif merupakan representasi dari 85 persen perekonomian dunia, 80 persen investasi global, 75 persen perdagangan internasional, dan 60 persen populasi dunia.

Selain itu G20 sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia, terdiri atas 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa.

Baca Juga: Soal Varian Baru Covid-19, Menkes Menyatakan Vaksin di Indonesia Masih Cukup Ampuh Menghadapi

Diharapkan pula dengan terpilihnya sebagai presidensi G-20 akan meningkatkan konsumsi domestik, menambah PDB serta bisa memperkerjakan ribuan tenaga kerja di berbagai sektor.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X