• Selasa, 9 Agustus 2022

Umbi Talas Sehatkan Sistem Pencernaan

- Jumat, 24 Juli 2020 | 07:27 WIB

-
MERAPI-SULISTYANTO
Umbi talas memiliki beberapa manfaat atau khasiat kesehatan.

 
BAHAN alami berkhasiat, baik berasal dari tanaman maupun satwa cukup beragam jenisnya. Ketika diolah menjadi suatu asupan dengan cita rasa enak dan rutin dikonsumsi, bahkan bisa mendukung hidup lebih sehat tanpa perlu biaya mahal.
Langkah tersebut bahkan dapat diartikan pula sebagai suatu ikhtiar mewujudkan sehat dengan cara sederhana, alami serta aman.

Menurut salah satu warga Nanggulan Kulonprogo Hj Wartini, dari beberapa jenis tanaman talas antara lain dapat dimanfaatkan bagian umbi, batang daun (lompong) maupun daunnya. Sebagian jenis cocok dibuat asupan menyehatkan, misalnya umbi talas selain cukup direbus bisa juga dibuat olahan wujud ceriping dan gethuk. Sedangkan bagian batang sayur bisa dijadikan sayuran dengan cita rasa serta tekstur khas dan daun talas dibuat buntil.

“Umbi talas yang biasa dijadikan olahan, misalnya ada jenis pari, gendruk dan dempel. Di pasar tradisional sering ada yang menjualnya, biasa juga ada yan menanam di sawah, kebun maupun pekarangan rumah,” ungkapnya.

Ibu dari tiga anak dan delapan cucu ini menambahkan, rutin mengkonsumsi olahan umbi talas akan membantu menyehatkan sistem pencernaan termasuk pula sebagai musuh tukak pada lambung, maag dan diare. Bahkan ada yang merasa cocok untuk membantu melawan radang kelenjar ringan serta gangguan sistem pernafasan. Selain itu ada nilai gizi yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan secara umum.

-
MERAPI-SULISTYANTO
Hj Wartini.

“Untuk talas jenis pruthul bisa untuk pakan ikan, bagian getah pelepah daunnya bisa sebagai obat alami gatal-gatal,” papar Hj Wartini.

Halaman:

Editor: admin_merapi

Terkini

Fungsi Garam bagi Tubuh Seberapa Penting?

Selasa, 5 Juli 2022 | 21:50 WIB

Tips untuk Mencegah dan Mengobati Kutil Kelamin

Rabu, 15 Juni 2022 | 19:40 WIB

Kanker Darah, Inilah Gejala pada Umumnya

Rabu, 8 Juni 2022 | 21:10 WIB
X