• Senin, 3 Oktober 2022

Babad Tanah Jawi legenda jazad Untung Surapati wangi 2: Prajurit Pasuruan tak tahu dibuntuti bala Kartasura

- Sabtu, 16 Juli 2022 | 11:10 WIB
Ilustrasi Babad Tanah Jawi legenda jazad Untung Surapati wangi: Prajurit Pasuruan tak tahu dibuntuti bala Kartasura (Pramono Estu)
Ilustrasi Babad Tanah Jawi legenda jazad Untung Surapati wangi: Prajurit Pasuruan tak tahu dibuntuti bala Kartasura (Pramono Estu)

HARIAN MERAPI - Babad Tanah Jawi legenda jazad Untung Surapati wangi: rupanya prajurit Pasuruan tak menyangka saat pulang mereka ternyata dibuntuti pasukan Kartasura.

Setelah mendapatkan izin dari Sunan Kendang maka berangkatlah mereka menyusuri Pegunungan Tuntang terus ke utara menuju ke Carat.

Sedangkan di pihak lain Pangeran Purbaya berserta bala prajurit dari Kartasura yang bergabung dengan kompeni berangkat dari Gunung Carat juga ke arah utara.

 Baca Juga: Babad Tanah Jawi legenda jazad Untung Surapati wangi 1: Kanjeng Prabu memerintahkan menyerang Pasuruan

Mereka berjalan santai-santai, pelan, dan seenaknya saja.

Melihat hal itu Raden Sarapati, Raden Suradilaga, Pangeran Pakunegara, dan Pangeran Pakuningrat segera menerjang dari belakang.

Pangeran Purbaya dan kompeni mengerti siapa yang menyerang mereka, Ah. tidak membahayakan.

Bahkan pasukan itu tanpa diberhentikan jalannya dan cukup mereka-mereka yang berada di bagian belakang saja yang meladeni serangan lawan.

Bala prajurit Pasuruan di bawah pimpinan Raden Sarapati dan adiknya serta Pangeran Pakunegara dan Pangeran Pakuningrat itu ternyata banyak yang tewas.

Akhirnya mereka pulang ke Pasuruan ingin segera bertemu dengan ayahnya, Adipati Pasuruan Tumenggung Wiranegara.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X