• Kamis, 26 Mei 2022

Ikan Cucut Bantu Turunkan Kolesterol Jahat, Bagian Siripnya Bisa Jadi Campuran Masakan Sup

- Senin, 24 Januari 2022 | 09:15 WIB
Ikan cucut mempunyai manfaat kesehatan dan bisa diolah menjadi aneka jenis masakan menyehatkan.  (Foto: Sulistyanto)
Ikan cucut mempunyai manfaat kesehatan dan bisa diolah menjadi aneka jenis masakan menyehatkan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com – Ikan cucut dengan nama latin Rhizoprionodon acutus mudah ditemukan sebagian perairan laut yang ada di Indonesia.

Pemanfaatan ikan cucut yang diyakini memiliki banyak kandungan gizi ini cukup beragam, baik secara sederhana maupun perlu tahapan proses menggunakan teknologi canggih.

Jika menggunakan teknologi modern, bagian daging maupun hati dari ikan cucut dapat diproses secara bertahap sehingga menghasilkan produk kesehatan alami, misalnya minyak ikan.

Baca Juga: Kandungan Kalsium Ikan Salem Mampu Redakan Nyeri Haid

Produk ini antara lain berperan meningkatkan kemampuan penyaringan organ hati dalam membantu menurunkan maupun menghilangkan kolesterol jahat dalam darah serta musuh jantung koroner.

Sejumlah literatur juga menyebutkan, kandungan gizi pada ikan cucut seperti vitamin A, D, E, protein dan beberapa mineral bisa mendukung kesehatan secara alami.

Dengan adanya kandungan gizi tersebut antara lain dapat mendukung kesehatan mata, tulang, kulit dan rambut. Bahkan bisa berperan membantu mempercepat sembuhnya luka dan mendukung imunitas tubuh.

Baca Juga: Ikan Tenggiri Bisa Diolah Jadi Kerupuk, Kandungan Zat Besinya Bantu Hindarkan dari Anemia

Adapun contoh pemanfaatan daging ikan cucut, misalnya dijadikan aneka masakan dan dengan dikombinasi aneka jenis rempah-rempah bisa semakin mendukung kesehatan badan.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X