• Sabtu, 28 Mei 2022

Air Cucian Beras Bantu Atasi Jerawat, Masih Ada Manfaat Lain untuk Kulit dan Rambut

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 10:45 WIB
Air cucian beras atau leri ada manfaat kesehatannya, sebaiknya tak dibuang.  (Foto : Sulistyanto)
Air cucian beras atau leri ada manfaat kesehatannya, sebaiknya tak dibuang. (Foto : Sulistyanto)

 

JOGJA, harianmerapi.comAir cucian beras atau air leri sebaiknya tak dibuang. Selain sering dijadikan pupuk tanaman, ternyata bagus juga untuk mendukung kesehatan kulit dan rambut.

Adapun jenis air leri dapat dihasilkan setelah mencuci beras putih, merah, cokelat maupun hitam. Warna air lerinya bisa sedikit berbeda sesuai dengan warna jenis berasnya.

Beberapa sumber bahkan menyebutkan, sebagian praktisi pengobatan alternatif di Asia sudah lama memanfaatkan air leri untuk mendukung kesehatan kulit dan rambut secara alami.

Baca Juga: Detik-detik Atap Sekolah MTs di Temanggung Ambrol, Siswa dan Guru Berhasil Menyelamatkan Diri

Jika digunakan untuk menjaga kesehatan rambut, misalnya untuk keramas layaknya menggunakan shampo, baik secara tunggal maupun dikombinasi bahan alami lain.

Jika dikombinasi dengan bahan lain, misalnya diberi bagian dalam (gel) dari daun lidah buaya ataupun abu merang tanaman padi. Manfaatnya seperti mencegah ketombe, menghitamkan serta menyuburkan rambut.

Jika sebagai musuh iritasi atau peradangan pada kulit, yakni cukup rutin mengoleskan air cucian beras pada ruam, iritasi atau peradangan kulit.

Baca Juga: Alat Pemantauan Gunung Api Sumbing Hilang, Ini Alat yang Hilang

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X