• Senin, 23 Mei 2022

Ikan Tenggiri Bisa Diolah Jadi Kerupuk, Kandungan Zat Besinya Bantu Hindarkan dari Anemia

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 09:45 WIB
Daging ikan tenggiri termasuk sering dicari konsumen dan bisa dijadikan bahan aneka olahan bergizi.  (Foto : Sulistyanto)
Daging ikan tenggiri termasuk sering dicari konsumen dan bisa dijadikan bahan aneka olahan bergizi. (Foto : Sulistyanto)

harianmerapi.com – Aneka olahan dengan cita rasa lezat, bergizi dan bermanfaat bagi kesehatan dapat dibuat dari ikan tenggiri.

Adapun jenis olahan atau masakan berbahan ikan tenggiri antara lain pempek, tenggiri kuah kuning, otak-otak, bakso ikan, tenggiri rica kemangi dan tenggiri bumbu Bali.

Bahkan, bagi pecinta makanan ringan wujud kerupuk, ikan tenggiri juga dapat dijadikan bahan baku membuat kerupuk dan akan menjadi makanan bergizi.

Baca Juga: Ternyata Porang Bisa Dijadikan Aneka Menu Makanan dan Minuman, Ini Contohnya

Menurut salah satu kru Omah Karkas di kawasan Jaban Ngaglik Sleman, Citra Ayu, ikan tenggiri termasuk jenis ikan laut yang populer dan biasa dicari konsumen.

“Seiring kemajuan zaman, ikan tenggiri banyak tersedia dalam wujud sudah daging giling, tanpa duri dan model frozen. Kreasi olahan atau masakan berbahan daging tenggiri pun banyak jenisnya,” papar Citra, baru-baru ini.

Tak kalah penting, lanjutnya, ketika diolah menjadi aneka jenis asupan akan berperan mendukung kesehatan secara alami, sehingga kreasi membuat olahan berbahan tenggiri bisa dilakukan rutin, misalnya seminggu sekali pada akhir pekan.

Baca Juga: Tempe Tidak Hanya dapat Menggantikan Peran Daging Merah, Tetapi Juga Bisa Menjaga Lingkungan Hidup

Adanya kandungan asam lemak Omega-3 yang cukup tinggi, antara lain akan bisa membantu mencegah gangguan kesehatan pada organ jantung, bahkan menurunkan risiko stroke.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Terkini

Mi Hot Plate, Lezat Disantap Saat Masih Panas

Senin, 16 Mei 2022 | 20:56 WIB

Manfaat Yogurt untuk Tubuh Saat Berpuasa

Kamis, 28 April 2022 | 17:15 WIB
X